Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Sparkol Videoscribe

  • Mei Vita Romadon Ningrum Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Hamdan Abas Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman, Indonesia
Keywords: Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Hidrosfer

Abstract

Media Pembelajaran merupakan salah satu komponen penunjang pembelajaran. Media pembelajaran mempunyai manfaat untuk meningkatkan  ketertarikan dan interaktif peserta siswa. Selain itu media pembelajaran juga berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Media yang digunakan seharusnya mengikuti perkembangan IPTEK saat ini. Penelitian ini betujuan (1) Menghasilkan media pembelajaran geografi berbasis Sparkol Videoscribe pada materi hidrosfer pokok bahasan siklus air dan perairan darat dalam pembelajaran di SMA, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe. Pembuatan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah pembuatan yakni (1) Research and Information colletion, (2) Planning, (3) Develop Preliminary form of Product, (4) Preliminary Field Testing, (5) Main Product Revision, (6) Main Field Testing, (7) Operational Product Revision, (8) Operational Field Testing, (9) Final Product Revision, dan (10) Disemination and Implementasi. Pembuatan media pembelajaran ini menggunakan aplikasi pendukung Sparkol Videoscribe, wondershare filmora 9 dan lexis audio editor.. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan teknis deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian dan pengembangan media dapat diakses melalui https://youtu.be/IrgzOIW8rjU. Berdasarkan hasil analisis, dari aspek materi media pembelajaran yang dikembangkan dinilai layak digunakan yaitu dengan persentase kelayakan sebesar 78,2%. Dari kemenarikan media dinilai sanant layak yakni sebesar 82,28% . dari aspek kebermanfaatan dalam proses pembeajaran dinilai sangat bermanfaat dengan persentase sebesar 92,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran geografi berbasis Sparkol videoscribe layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran geografi pada materi Hidrosfer di SMA.harapannya produk ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang pembelajaran yang dilakukan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Wahid Zaini. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Materi Siklus Hidup Mahluk Hidup dan Upaya Pelestariannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MI Miftahul Ulum Pandawangi Kabupaten Lumajang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Bennett, N., Borg, W. R., & Gall, M. D. (1984). Educational Research: An Introduction. In British Journal of Educational Studies (Vol. 32, Issue 3, p. 274). https://doi.org/10.2307/3121583
Kustandi, C. dan B. S. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia.
Rosdiana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 87–100. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.95
Kustandi. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Purwanto, Edy. 1994. Media Pengajaran IPS-Geografi. Malang: IKIP Malang.
Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Rusmawati. 2019. PengembanganMedia Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Mata Kuliah Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Tesis Universitas Negeri Makasar.
Sadiman, Arief S.dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soemarto.1996. Hidrologi Teknik. Surabaya: Usaha Nasional.
Sugiyono,2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung Alfabeta
Published
2022-02-10
Section
Articles