SURVEI MINAT DAN MOTIVASI SISWA-SISWI DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMP NEGERI KOTA SAMARINDA

  • Ridwansyah Ridwansyah Universitas Mulawarman
  • Samsul Huda Universitas Mulawarman
  • Muhammad Sukron Fauzi Universitas Mulawarman
Keywords: Minat, Motivasi, Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Minat dan Motivasi Siswa-Siswi Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP Negeri 17 Samarinda. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan Pendekatan Survei dan instrumen penelitian berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII yang mengikuti kegaiatan ekstrakurikuler futsal berjumlah 50 siswa-siswi dan sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 17 Samarinda. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa-siswi secara keseluruhan dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 17 Samarinda menunjukkan nilai rata-rata 44,6 yang tergolong ke dalam kategori sedang dengan persentase (52%) dan untuk motivasi siswa-siswi secara keseluruhan dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 17 Samarinda menunjukkan nilai rata-rata 59 yang tergolong ke dalam kategori sedang dengan persentase (40%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat dan motivasi siswa-siswi dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 17 samarinda masuk ke dalam kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Kencana.
[2] Khairi, Makmun. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
[3] Muhammad Asriady Mulyono. 2014. Buku Pintar Panduan Futsal. Banda Aceh : Laskar Aksara.
[4] Morissan. 2015. Metodologi Penelitian Survei. Jakarta : Prenamedia Group.
[5] Ngalim Purwanto. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
[6] Nurhasan. 2007. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Menengah dan Direktorat Jendral Olahraga.
[7] Oemar Hamalik. 2012. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Aglesindo.
[8] Sadirman A. M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
[9] Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
[10] Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
[11] Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
[12] Suharsimi Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
[13] Suryabrata, Sumadi. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sutrisno Hadi. 2001. Metodologi Research. Yogyakarta: ANDI Offset.
[14] Suyono dan Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
[15] Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
[16] Syofian Siregar. 2016. Statistika deskriptif untuk penelitian. Jakarta : Rajawali Pers.
[17] Tri Wahyudi, (2002). Bimbingan Perkembangan Pribadi dan Anak. Jakarta : Rineka Cipta.
[18] Usman, Dkk. 1993. Upaya optimalisasi kegiatan belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2021-06-28
How to Cite
[1]
R. Ridwansyah, S. Huda, and M. Sukron Fauzi, “SURVEI MINAT DAN MOTIVASI SISWA-SISWI DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMP NEGERI KOTA SAMARINDA”, Borneo.phy.ed., vol. 2, no. 1, pp. 64 - 73, Jun. 2021.