Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 22 Penajam Paser Utara Tahun 2021

Authors

  • Nurul Cholifah Pendidikan Jasmani
  • Jance Jacob Sapulete
  • Muchammad Samsul Huda
  • Muhammad Sukron Fauzi

DOI:

https://doi.org/10.30872/bpej.v3i1.1041

Keywords:

Kepuasan, Pembelajaran Jarak Jauh, Pendidikan Jasmani

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang terinfeksi pandemi COVID-19, Corona Virus Disease 2019 adalah virus yang disebabkan oleh Severe Accute Resiptory Syndrome (SARS-CoV2) menyerang sistem pernapasan sehingga dapat menyebabkan gangguan pernapasan, pneumonia akut, hingga kematian. Adapun virus ini dapat tersebar melalui droplet dari hidung atau mulut yang keluar saat batuk atau bersin. Mengikuti perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia dengan sigap Kemendikbud RI mengeluarkan surat edaran perihal belajar dan bekerja dari rumah guna memutus rantai Penyebaran COVID-19 pada pelajar. Penyebaran COVID-19 diseluruh provinsi di Indonesia terjadi sangat cepat tak terkecuali provinsi Kalimantan Timur dan salah satu Kabupaten yang menjadi bagiannya yaitu Penajam Paser Utara.  Selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui dalam jaringan (daring) terdapat beberapa hambatan yang kemudian menjadi kendala bagi siswa, guru, hingga orang tua/wali. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi COVID-19.  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 22 Penajam Paser Utara dengan jumlah populasi 121 siswa terdiri dari kelas VIII dan IX. Perolehan hasil penelitian berada pada kategori cukup puas dengan persentase 33,1%, dan rentang skor 99 < X ≤ 108 serta frekuensi sebesar 40.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Aminullah et al. 2021. “Proses Pembelajaran Selama Masa Pandemi COVID-19 (Studi Pelaksanaan PLP Dasar).” Maspul Journal. Vol 3 No. 1. 14 Juni 2021. DOI: 10.33487/mjce.
[2] Ananda, Rusydi And Muhammad Fadhli. 2018. Statistik Pendidikan. Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan. Medan: CV Widya Puspa.
[3] Budio, Sesra et al. 2021. “Kepuasan Peserta didik Terhadap Pelayanan Tenaga Kepandidikan.” Jurnal Menata. Vol 4 No. 1. 25 September 2021. http://jurnal.stai-yaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/271.
[4] Chyrsna, Mahatma. 2020. “Kebijakan Pendidikan Formal Anak Pada Masa Pandemi COVID-19.” Kompaspedia. 15 Juni 2021 https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/kebijakan-pendidikan-formal-anak-pada-masa-pandemi-covid-19.
[5] Dwiwinarsih, Rina. 2012. “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Bakmi Aisy Di Depok.” Academia.edu . 27 Juni 2021 https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Analisis+tingkat+kepuasan+konsumen+terhadap+pelayanan+bakmi+aisy+di+depok&btnG.
[6] Edward, Erlin Fitria. 2021. “Perpustakaan Drive-Thru Sebagai Peningkatan Literasi Sekolah Selama Pandemi COVID-19.” Majalah Media Rencana. Vol 2 No. 1. 26 September 2021. https://mediaperencana.perencanapembangunan.or.id/index.php/mmp/article/view/14.
[7] Fadli, Ari. 2020. Mengenal COVID-19 Dan Cegah Penyebarannya Dengan “Peduli Lindungi” Aplikasi Berbasis Android. Universitas Jenderal Soedirman. Artikel Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Teknik Elektro. 14 Juni 2021 https://www.researchgate.net/profile/Ari-Fadli.
[8] Husdarta, H.J.S. 2015. Manajamen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
[9] Kasmini, Lili et al. 2020. Buku Pedoman Implementasi PJJ. Banda Aceh: STKIP BBG 6 April 2021. https://stkip.bbg.ac.id/baa/wp-content/uploads/sites/11/2020/11/Buku-Pedoman-Implementasi-PJJ.pdf.
[10] Pane, Aprida and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar dan Pembelajaran.” Fitrah.Vol 03 No. 2. 20 Juni 2021. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
[11] Subekti, Bayu Hakam. 2021. . “Tingkat Kepuasan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring Di Era Pandemi COVID-19 Tahun 2020”. Tugas Akhir Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. 4 Mei 2021 https://eprints.uny.ac.id/62489/1/fulltext_bayu%20hakam%20subekti_17601244002.pdf
[12] Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[13] Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
[14] Supranto, J. 2020. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
[15] Sari, Melani Kartika. 2020. “Sosialisasi Pencegahan COVID-19 di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri.” Jurnal Karya Abadi Masyarakat. Vol 4 No. 1. 12 April 2021. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.9821.
[16] Trisnadewi, Komang and Ni Made Muliani. 2020. Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Denpasar: Yayasan Kita Menulis.
[17] Yunis, Roni and Kristian Telaumbanua. 2017. “Pengembangan E-Learning Berbasiskan LMS untuk Sekolah, Studi Kasus SMA/SMK di Sumatera Utara.” JNTETI. Vol 6 No. 1. 27 September 2021. DOI:10.22146/jnteti.v6i1.291.
[18] 2 Juli 2021. https://kbbi.web.id/analisis.

Downloads

Published

2022-06-09

How to Cite

[1]
N. Cholifah, J. . Jacob Sapulete, M. . Samsul Huda, and M. . Sukron Fauzi, “Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 22 Penajam Paser Utara Tahun 2021”, Borneo.phy.ed., vol. 3, no. 1, pp. 66–76, Jun. 2022.