PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR

  • Dwi Agus Mawarti Pendidikan Jasmani
  • Yudesta Erfayliana Pendidikan Jasmani
  • Baharudin Baharudin Pendidikan Jasmani
Keywords: Permainan Tradisional, Gobak Sodor, Penjaskes

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa model permainan tradisional gobak sodor yang dikemas dalam buku panduan untuk guru pada materi permainan tradisional tema sayangi hewan dan tumbuhan disekitar untuk kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang memiliki lima tahapan, yaitu analisis, desain produk, pengembangan produk, pelaksanaan dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya di analisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik uji analisis kelayakan produk dan uji hasil. Hasil penelitian yang telah dikembangkan memperoleh skor uji kelayakan dengan rata-rata oleh ahli materi 4,4, skor rata-rata oleh ahli permainan 4,05, uji coba hasil pada skala kecil diperoleh skor rata-rata untuk permainan Godornah 4,21 aspek ketangkasan, 3,9 aspek fokus, 4,5 aspek kerjasama. Godorling 3,5 aspek ketangkasan, 3,8 aspek fokus, 4,4 aspek kerjasama. Godorboy 4,21 aspek ketangkasan, 4 aspek fokus, 4,28 aspek kerjasama. Uji coba hasil pada skala besar diperoleh skor rata-rata untuk permainan Godornah 4,29 aspek ketangkasan, 4,2 aspek fokus, 4,5 aspek kerjasama. Godorling 4,3 aspek ketangkasan, 4,14 aspek fokus, 4,6 aspek kerjasama. Godorboy 4,18 aspek ketangkasan, 4,21 aspek fokus, 4,4 aspek kerjasama. Hal ini menunjukan bahwa buku panduan ini layak digunakan dan uji hasil berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriansyah, dan Muh Akmal Almy. Pengembangan Permainan Tradisional Untuk Melestarikan Budaya Bangsa Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. E-journal UPI JPJO3 (1) (2018) 82-88. 2018

Branch, Robert Maribe. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science & Business Media, LLC, 2009.
Bramansta P., Angga. Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional Pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Artikel Prosiding Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi PJOK, 2016.
Dini, Rosdiani. Kurikulum Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta, 2015.
Eichberg, H. Traditional games: A joker in modern development. Some experiences from Nordic countries and NordicAfrican exchange. Paper for the international conference Play the game. Copenhagen: University of Southern Denmark, Centre for Sport, Health and Civil Society, Gerlev. 2005.
Erfayliana, Yudesta. Aktivitas Bermain Dan Perkembangan Jasmani Anak, Jurnal Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol 3. No 1, 2016
Kovacevic, T., and Opic S. Contribution of tradisional games to the quality of students relation and frequency of students socialization in primary education. Journal of Education. 2014.
Paturusi, Achmad. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta, 2012
Published
2021-06-28
How to Cite
[1]
D. Agus Mawarti, Y. Erfayliana, and B. Baharudin, “PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR”, Borneo.phy.ed., vol. 2, no. 1, pp. 52 - 63, Jun. 2021.