Efektivitas Media Pembelejaran Daring Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Aatas Negeri 1 Sendawar Kutai Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran daring pendidikan jasmani olahraga kesehatan (PJOK) di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas XII Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Sendawar Kutai Barat. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang kaitannya dalam teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini sebanyak 9 orang, 1 guru pendidikan jasmani olahraga kesehatan, dan 8 orang siswa kelas XII. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan analisis data yang telah dilaksanakan, data yang didapatkan di deskripsikan, diklasifikasikan, dan dihubungkan mendapatkan hasil bahwa media pembelajaran daring pendidikan jasmani olahraga kesehatan (PJOK) pada siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sendawar efektif dalam membantu proses pembelajaran daring. Kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan adalah, media daring pendidikan jasmani olahraga kesehatan (PJOK) di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sendawar Kutai Barat Efektif.
Downloads
References
Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT Raja grafindo persada.
Astini, Sari, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.
Atas, P., Menteri, P., Negeri, D., & Tahun, N. (2007). Menteri dalam negeri republik indonesia. 1–13.
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Azra, M. H. (2021). Efektivitas pembelajaran secara daring selama pandemi Covid-19 mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) pada siswa SMK Negeri 1 Makassar. Doctoral Disertation Universitas Negeri Makassar, 1–12.
Barir Hakim, A. (2016). Efektivitas Penggunaan ELearning Moodle,Google Classroom Dan Edmodo. Jurnal I-Statement, Vol.02, 2.
D. Cahyono, “ONLINE LEARNING IN THE PANDEMIC COVID -19: PERCEPTIONS OF PHYSICAL EDUCATION STUDENTS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 159-162, Jul. 2021 https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2802
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Nomor 22. Peraturan Menteri Nomor 22, 3(1), 1–35.
Makarim, M. P. dan K. N. A. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (covid-19). 300.
Maksum, A. (2010). Kualitas Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah: antara Harapan dan Kenyataan.
Muslich, M. (2014). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstektual. Bumi Aksara.
Nur, M., Pradipta, G. D., & Maliki, O. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pjok Siswa Kelas Ix Di Mtsn 2 Semarang Selama Pandemi Covid–19. Seminar Nasional …, 108–125.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.
Pane, bessy sitorus. (2015). Peranan Olahraga Dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(79), 1–4.
Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.1008
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Rosmita. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryono, & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran; Teori dan Konsep Dasar. PT Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2022 setiya umar doni doni, Nurjamal, Paryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.