Motivasi Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran PJOK di SMP Negeri 9 Samarinda

  • Fakhri Ramadani Universitas Mulawarman, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Jasmani
  • Paryadi Universitas Mulawarman, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Jasmani
  • Nurjamal Universitas Mulawarman, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Jasmani
Keywords: Motivasi, Peserta Didik, Pembelajaran PJOK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi peserta didik mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Negeri 9 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 9 Samarinda dengan menggunakan sampling purposive, dengan jumlah 60 Peserta didik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase, dan batuan SPSS Versi 25.

Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dari 60 peserta didik yang mana pada kategori “sangat tinggi” sebanyak 4 peserta didik (6,66%), kategori “tinggi” sebanyak 19 peserta didik (31,66%), kategori “sedang” sebanya 16 peserta didik (26,66%), kategori “rendah” sebanyak 18 peserta didik (30%), dan kategori “sangat rendah” sebanyak 3 peserta didik (5%). Disimpulkan bahwa motivasi peserta didik mengikuti PJOK di SMP Negeri 9 Samarinda dengan rata-rata 63,73 maka berada pada ketegori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. M, Sardiman, 2016, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengaja, Rajawali Pers, Jakarta.
[2] Asrori, M., 2009, Psikologi Pembelajaran, CV Wacana Prima, Bandung: .
[3] Arikunto, S., 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.
[4] Ekawati fajar, F., 2020, Bunga Rampai Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Selama Pandemi Covid-19, Akademia Pustaka, Tulungagung.
[5] Fauji Mahfudh, 2018, Diktat Psikologi Keluarga, PSP Nusantara Press, Tanggerang.
[6] Iskandar, 2009, Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru), Gaung Persada (GP) Press, Jakarta.
[7] Lestari S., 2016, Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Konflik Dalam Keluarga, Kencana, Jakarta.
[8] Mardianto, 2016, Psikologi Pendidikan: Landasan Bagi PengembanganStrategi Pembelajaran, Perdana Publishing, Medan.
[9] Nurjan, S., 2016, Psikologi Belajar, Wade Group, Ponorogo.
[10] Pratiwi, E. dan Asri, N., 2020, Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Untuk Guru Sekolah Dasar, Bening Media Publishing, Palembang.
[11] Purwidyasari Putri, E., 2021, “Motivasi Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran PJOK Secara daring Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Pacitan”, Skripsi Bidang Olahraga, Universitas Negeri Yogyakarta.
[12] Rusman, Kurniawan, D. dan Riyana. C., 2012, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru, Rajawali Pers, Jakarta.
[13] Siregar, E dan Nara Hartini, 2011, Teori Belajar dan Pembelajaran, penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.
[14] Sugiono, 2021, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.
[15] Suherman, 2018, Buku Guru pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta,
[16] Suralaga, F., 2021, Psikologi Pendidikan: Implikasi Dalam pembelajaran, PT Raja Gravfindo Persada Rajawali Pers, Depok.
[17] Susanto, E., 2017. Dasar-Dasar Pendiddikan Jasmani (The Fundamentals Of Fhysical Education), UNY Press, Yogyakarta.
[18] Thahir, A., 2017, Psikologi Belajar (Buku Pengantar Dalam Memahami Psikologi Belajar), http://aura-publishing.com/psikologi-belajar/, Bandar Lampung.
[19] Tim GTK DIKDAS, 2021, Modul Belajar Mandiri Calon Guru: Aparatur Sipil Negara (Asn) Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (Pppk) Bidang Studi Pjok, KEMENDIKBUD, Jakarta.
[20] Uno, B, Hamzah, 2021, Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.
Published
2022-06-03
How to Cite
[1]
F. Ramadani, Paryadi, and Nurjamal, “Motivasi Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran PJOK di SMP Negeri 9 Samarinda”, Borneo.phy.ed., vol. 3, no. 1, pp. 48 - 57, Jun. 2022.