HUBUNGAN KECEPATAN, KELINCAHAN, DAN KELENTUKKAN DENGAN MENGGIRING BOLA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 1 MUARA BADAK KALIMANTAN TIMUR

  • Eric Satya Wicaksana Pendidikan Jasmani Universitas Mulawarman
  • Jance J Sapulete Pendidikan Jasmani Universitas Mulawarman
  • Nurjamal Pendidikan Jasmani Universitas Mulawarman
Keywords: Kecepatan, kelincahan, kemampuan menggiring bola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; A(1) Apakah ada hubungan kecepatan dengan kemampuan menggiring bola pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Muara Badak Filial "Tanah Datar". (2) Apakah ada hubungan kelincahan dengan kemampuan menggiring bola pada siswa SMP Negeri 1 Muara Badak Filial "Tanah Datar". (3) Apakah ada hubungan kelentukan dengan kemampuan menggiring bola pada siswa SMP Negeri 1 Muara Badak Filial "Tanah Datar". (4) Apakah ada hubungan kecepatan , kelincahan, dan kelentukan secara bersama-sama dengan kemampuan menggiring bola pada siswa SMP Negeri 1 Muara Badak Filial "Tanah Datar". Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan penelitian "korelasional". Populasinya adalah seluruh siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Muara Badak Filial " Tanah Datar" yang berjumlah 42 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 30 orang. Teknik penentuan sampel adalah dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis korelasi sederhana ( r ), dan analisis regresi ganda (R) melalui program SPSS 16 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada hubungan kecepatan dengan kemampuan menggiring bola pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Muara Badak Filial "Tanah Datar" dimana diperoleh nilai r hitung (r0) = 0,879 > 0,3610. (2) Ada hubungan kelincahan dengan kemampuan menggiring bola pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Muara Badak Filial "Tanah Datar" dimana diperoleh nilai r hitung (r0) = 0,841 > 0,3610. (3) Ada hubungan kelentukan dengan kemampuan menggiring bola pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Muara Badak Filial "Tanah Datar" dimana diperoleh nilai r hitung (r0) = 0,727 > 0,3610. (4) Ada hubungan kecepatan, kelincahan, kelentukan, dan secara bersama-sama dengan kemampuan menggiring bola pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Muara Badak Filial "Tanah Datar" dimana peroleh nilai F hitung = 29.610 (ρ < 0,01) dan diperoleh nilai koefisien determinasi (R square) sebesar = 0,774 sehingga dapat diartikan bahwa besaran hubungan kecepatan, kelincahan, dan kelentukan, secara bersama-sama dengan kemampuan menggiring bola pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Muara Badak Filial "Tanah Datar" ini adalah 88,0% dan sisanya sebesar 12,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Koger, Robert. 2007. Latihan dasar andal sepak bola remaja. Klanten: Macanan jaya kencana.
Nurhasan. 2013. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas
Rachmat, Fadillah. 2009. Ayo, Bermain Sepakbola. Banten. Kenanga Pustaka Indonesia
Rahmani,Mikanda. 2014. Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatig, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta PT Remaja Rosda Karya.37
Teguh, Sutanto. 2016. Buku Pintar Olahraga. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Zidane Muhdhor Al-Hadiqie. 2013. Menjadi pemain Sepak Bola Profesional. Kata Pena.
Published
2021-06-28
How to Cite
[1]
E. Satya Wicaksana, J. J Sapulete, and Nurjamal, “HUBUNGAN KECEPATAN, KELINCAHAN, DAN KELENTUKKAN DENGAN MENGGIRING BOLA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 1 MUARA BADAK KALIMANTAN TIMUR”, Borneo.phy.ed., vol. 2, no. 1, pp. 31 - 37, Jun. 2021.