Penerapan penggunaan strategi pembelajaran improve terhadap hasil belajar pada pokok bahasan hidrokarbon

  • Maasje C. Watulingas Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia
  • Niftahul Janna Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda Kalimantan Timur, Indonesia
Keywords: metakognitif, improve, hasil belajar, hidrokarbon

Abstract

Proses pembelajaran kimia memiliki dua hal yang tidak terpisahkan, yaitu kimia sebagai produk temuan ilmuan dan kimia sebagai proses (kerja ilmiah). Sehingga dalam pembelajaran kimia seharusnya bukan hanya menekankan pada penguasaan konsep saja tetapi juga pada proses penemuan konsep dengan melibatkan aktivitas metakognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran IMPROVE terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Samarinda pada pokok bahasan hidrokarbon. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-l yang berjumlah 35 orang yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran IMPROVE dan siswa kelas X-2 yang berjumlah 35 orang yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran konvensional (kelas kontrol pembanding). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas X-l yaitu 89,5 lebih tinggi daripada nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas X-2 yaitu 83. Hasil ini kemudian dianalisis menggunakan uji t dengan variansi homogen dan diperoleh nilai thitung: -4,58 dan -ttabel dengan taraf signifikansi 5% = -2,0. Karena -thitung < -ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran IMPROVE terhadap hasil belajar pada pokok bahasan hidrokarbon siswa kelas X MAN 2 Samarinda

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-30
How to Cite
C. Watulingas, M., & Janna, N. (2018). Penerapan penggunaan strategi pembelajaran improve terhadap hasil belajar pada pokok bahasan hidrokarbon. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(2), 71-75. https://doi.org/10.30872/bcsj.v1i2.285
Section
Articles