Eksplorasi Kebutuhan Bahan Ajar pada Matakuliah Biologi Umum di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mulawarman

Authors

  • Nelda Anasthasia Serena
  • Sonja VT Lumowa
  • Sri Purwati

DOI:

https://doi.org/10.30872/jibs.v11i1.4798

Keywords:

Bahan ajar, Biologi umum, Pendidikan Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kebutuhan bahan ajar mahasiswa S1 yang mengikuti mata kuliah Biologi Umum di Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 65 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan buku, e-book, dan artikel jurnal online sebagai sumber belajar. Mayoritas mahasiswa (94%) menyatakan kesulitan dalam memahami konten mata kuliah karena sifatnya yang abstrak, tantangan dalam menerapkan konsep, dan terbatasnya akses ke sumber yang relevan. Mahasiswa membutuhkan bahan ajar yang jelas, mudah diakses, praktis, dan berdasarkan sumber yang dapat dipercaya. Metode pembelajaran aktif seperti pembelajaran berbasis penelitian, praktikum lapangan, dan diskusi kelompok lebih disukai. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa membutuhkan bahan ajar kontekstual yang yang dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., … Yuliastuti, C. (2023). MODEL & METODE PEMBELAJARAN INOVATIF (Teori dan Panduan Praktis). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ansoriyah, S., Chaniago, S. M., & Bayu, N. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning pada Mata Kuliah Menulis Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni, 1(1), 36–44. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosiding_fbs/article/view/24182/11534

Cahyani, R. P., Mardiana, D., & Noviantoro, N. (2018). Design and Validation of General Biology Learning Program Based on Scientific Inquiry Skills. Journal of Physics Conference Series, 983(1), 012198. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012198

Dwika, H., Riandi, R., & Surtikanti, H. K. (2024). Bahan Ajar Digital Bermuatan Potensi Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar pada Materi Bioteknologi Konvensional : Literature Review. Jurnal Basicedu, 8(1), 263–276. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6503

Gericke, N., & Grace, M. (2018). Challenges in Biology Education Research. In ERIDOB. Karlstad: University Printing Office.

Kahu, E. R. (2013). Framing Student Engagement in Higher Education. Studies In Higher Education, 38(5), 758–773. https://doi.org/10.1080/03075079.2011.598505

Konieczny, L., Roterman-Konieczna, I., & Spólnik, P. (2023). Systems Biology: Functional Strategies of Living Organisms (2nd ed.). Cham: Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-031-31557-2

Li, J., & Xue, E. (2023). Dynamic Interaction between Student Learning Behaviour and Learning Environment: Meta-Analysis of Student Engagement and Its Influencing Factors. Behavioral Sciences, 13(1), 59. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/bs13010059

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Susilo, H. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi untuk Membentuk Guru Biologi yang Profesional dan Cerdas. Florea Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.25273/florea.v1i1.364

Wahyuni, R. D., Prastiyono, H., & Ilyas, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Booklet Berbasis Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Keberagaman Aktivitas Ekonomi. Dialektika, 4(4), 33–48.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Serena, N. A., Lumowa, S. V., & Purwati, S. (2025). Eksplorasi Kebutuhan Bahan Ajar pada Matakuliah Biologi Umum di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mulawarman. Jurnal Ilmiah BioSmart (JIBS), 11(1). https://doi.org/10.30872/jibs.v11i1.4798

Most read articles by the same author(s)