Analisis tingkat literasi lingkungan mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman dengan transformasi skor NELA (National Environmental Literacy Assessment)

  • Ruqoyyah Nasution
Keywords: Environmental Literacy, NELA scores transformation

Abstract

Sumber daya alam Indonesia begitu banyak salah satunya adalah sumber daya alam berupa batubara. Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi dengan sumber batubara yang melimpah. Masyarakat dan perusahaan menjadikan batubara menjadikan batubara di Kalimantan Timur sebagai sumber pendapatan. Batubara tidak hanya memberikan dampak positif tapi  juga memiliki dampak negatif salah satunya sisa galian batubara yang berupa kolam-kolam raksasa yang menjadi Drainase Tambang Asam  (Acid Mine Drainage). Hal ini menjadi perhatian khusus bagi peneliti untuk mengetahui kesadaran terhadap lingkungan dengan melihat tingkat Literasi Lingkungan masyarakat Kalimantan timur Lingkungan khususnya Mahasiswa pendidikan MIPA FKIP UNMUL. Metode dalam penelitian ini adalah Deskriptif, dengan instrument berupa tes literasi lingkungan yang diadapatasi dan dimodifikasi dari Middle Schools Environmental Literacy Survey/ Instrument (MSELS/ I). Analisis tingkat literasi lingkungan ditransformasikan menggukan pensekoran dari NELA (National Environmental Literacy Assessmen). Dalam pensekoran NELA terdapat empat domain yaitu 1). pengetahuan; 2). Keterampilan kognitif; 3). Sikap; dan 4). Perilaku. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa literasi lingkungan mahasiswa FKIP ada pada katagori “Sedang”. Dari katagori tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan literasi lingkungan mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson & Krathwohl. (2010). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen. Pustaka pelajar.
Cantrell, S. C. & Hughes, H. K. (2008). Teacher Efficacy and Content Literacy Implementation: An Exploration of the Effects of Extended Professional Development with Coaching. Journal of Literacy Research. ISSN: 1086 296X print/1554-8430 online. University of Kentucky Collaborative Center for Literacy and Development.
Cunningham Denise, D. (2008). Literacy Environment Quality in Preschool and Children’s Attitudes Toward Reading and Writing. Literacy Teaching and Learning Volume 12, Number 2 • Spring 2008.
Dahar Ratna Wilis. (1989). Teori-Teori Belajar. Erlangga.
Fah Lay Yoon & Sirisena Anuthra. (2014). Relationships Between The Knowledge, Attitudes, And Behaviour Dimensions Of Environmental Literacy: A Structural Equation Modeling Approach Using Smartpls. Universiti Malaysia Sabah, 2SMK Chung Hwa, Tenom. Jurnal Pemikir Pendidikan (Journal for Educational Thinkers). Vol. 5, pp. 119-144, ISSN 1985-3637.
Frankel, J. R. Wallen N. E. & Hyun, H. H. (2012). How to Desigen and Evaluate Reserch in Education. New York : McGraw-Hill.
Jena, A. K. (2012). Awareness, Openness and Eco-friendly (AOE) Model Teaches Pre-service Teachers on How to be Eco-friendly. Assam University, India. International Electronic Journal of Environmental Education. Vol.2, Issue 2, 2012, 103-117.
NELA. (2008). National Environmental Literacy Assessment. Sub. Environment education Division Grant#NA06SEC4690009.
(NAAEE) by the North American Association for Environmental Education (2011). Washington, USA. Diakses dari: http://www.naaee.net/.
O’Brien Susan Roberta Mello. (2007). Indications of environmental literacy: using a new survey instrument to measure awareness, knowledge, and atttudes of university-aged students. Iowa State University. Follow this and additional works at: htt://lib.dr.iastate.edu/rtd.
Raven, P. H. et al. (2013). Environment. University of Maryland, College Park St. Peterburg College. VOL. 1, NO. 12, SEPTEMBER 2013, jmk.17.2.
Rose, M. A. (2010). Enhancing Environmental Literacy and Technology Assessment Skills. Journal of Technology Education Vol. 22 No. 1, Fall 2010 -43.
Salim, E. (1979). Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta : Mutiara.
Schmidt et al. (2013). Science Education In Out-Of-School Contexts. Environmental, health and outdoor science education Strand. (Thesis). University of Kassel, Germany. Dortmund University, Germany.
Sukmadinata Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.
Wahli. (2010). Batubara mematikan Bagaimana rakyat Indonesia membayar mahal untuk bahanbakar terkotor di dunia Greenpeace adalah organisasi kampanye global yang bertindak. Greenpeace Asia tenggara. E-book Diakses dari : www. Greenpeace.org/seasia.
Published
2021-03-05
How to Cite
Nasution, R. (2021). Analisis tingkat literasi lingkungan mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman dengan transformasi skor NELA (National Environmental Literacy Assessment). Jurnal Ilmiah BioSmart (JIBS), 7(1), 38-51. https://doi.org/10.30872/jibs.v1i1.423
Section
Articles