Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa
Keywords:
Model PBL, Kemampuan Literasi Matematis, MatematikaAbstract
Literasi matematis merupakan kemampuan dalam merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan siswa dalam penerapan model pembelajaran PBL, mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan literasi matematis siswa, dan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap model pembelajaran PBL. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen dan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, Penelitian ini dilaksanakan di semester genap di siswa kelas IV SD Negeri Mojotengah 2 sebanyak 17 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk melihat aktivitas siswa, metode angket untuk mengetahui respon siswa dan metode tes untuk mengukur kemampuan literasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Aktivitas siswa tergolong dalam kategori aktif dimana presentase ketuntasan sebesar 77%. 2) Respon siswa terhadap model pembelajaran menghasilkan respon postif dengan rata-rata presentase 89%. 3) Terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan hasil tes literasi matematis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan PBL diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,0000. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan literasi matematis siswa.
Downloads
References
Amelia, I., Pujiastuti, H., Fathurrohman, M., Santosa, C. A. H. F., & Fatah, A. (2023) Systematic Literatur Review: Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika, JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(2), 811–818. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1281.
Astuti, A. D. K. P. (2020). Pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bobotsari. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 4(2), 37-46.
Ginanjar, A.Y., & Widayanti, W. (2019) Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Sd/Mi. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 10(2), 117-124. https://doi.org/10.32678/primary.v10i02.1283.
Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2019). Peran penerapan model Problem Based Learning (pbl) terhadap kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213-218.
Iskandar, R. S. F., Triyanto, A. N., Laelasari, & Setiawan, O. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Dengan Soal Pisa. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 291–300. https://doi.org/10.32528/gammath.v6i1.5398.
Nuraeni, R., & Luritawaty, I.P. (2018) Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 101–112. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.265
PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I, Revised edition, February 2014). Paris: OECD Publishing.
Riyadhotul, S., Suyitno, H. and Rosyida, I. (2019) Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910.
Tabun, H. M., Taneo, P. N., & Daniel, F. (2020). Kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran model Problem Based Learning (PBL). Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-8.
Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12–19.