Profil Mahasiswa dalam Mempelajari Materi Menggambar Grafik Fungsi Persamaan Kutub pada Matakuliah Kalkulus Peubah Banyak
Keywords:
Profil Mahasiswa, Grafik Persamaan Kutub, Kalkulus Peubah BanyakAbstract
Penelitian ini dilakukan karena banyaknya mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta yang gagal menyelesaikan soal Ujian Tengan Semester Kalkulus Peubah Banyak tentang menggambar grafik persamaan kutub. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil mahasiswa tentang: 1) persepsi terhadap materi menggambar grafik persamaan kutub, 2) faktor penyebab kegagalan dalam menyelesaikan soal Ujian Tengan Semester tentang menggambar grafik persamaan kutub, dan 3) bentuk pembelajaran yang diharapkan mahasiswa ketika mempelajari materi menggambar grafik persamaan kutub. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subyeknya adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta yang mengambil mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak Tahun Ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan adalah angket terbuka. Hasil penelitian menunjukkan: 1) mahasiswa paling banyak berpresepsi materi menggambar grafik persamaan kutub sulit jika soalnya berbeda dengan contoh soal yang diberikan (57%), 2) faktor paling banyak yang menjadi penyebab mahasiswa gagal menyelesaikan soal Ujian Tengah Semester adalah karena mereka ragu menggunakan rumus yang mana (43%), dan 3) bentuk pembelajaran yang paling diharapkan mahasiswa adalah dengan menggunakan banyak contoh soal (86%).
References
Adijaya, N. & Pertiwi, R. (2017). Persepsi Mahasiswa terhadap Materi Ajar pada Pembelajaran Online. Jurnal Eduscience. 3(1): 49-53.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chandra, F. H. & Nugroho, Y. W. (2017). Implementasi Flipped Calssroom dengan Video Tutorial pada Pembelajaran Fotografi Komersial. Demandia, 2(1): 20-36.
Creswell. (2014). Risearch Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Gadjah Mada University.
Dawkins, P. (2007). Calculus II: Parametriq Equations and Polar Coordinates. Retrieved 1 Mei 2016 from http://tutorial.math.lamar.edu/terms.aspx
Hass, J., Weir, M.D., & Thomas, G.B. (2012). Multivariable University Calculus: Early Transcendentals. New York: Pearson
Hayati, R. (2018). Flipped Classroom dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Kajian Teori. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, “Integrasi Budaya, Psikologi, dan Teknologi dalam Membangun Pendidikan Karakter Melalui Matematika dan Pembelajarannya”. Hal 496-502.
Hendra, F. (2016). Persepsi Mahasiswa Terhadap Proses Pembelajaran Kemahiran Bahasa. Jurnal AL-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 3(4): 297-309.
Ostebee, A. dan Zorn, P. (2008). Multivariable Calculus. New York: Fremaan Custom Publishing.
Tagare, H.D. (2008). Polar Coordinates: What They are and How to Use Them. Retrieved 1 Mei 2016, from http://noodle.med.yale.edu/hdtag/notes/coord.pdf
Zaini, H, Munthe, B., & Aryani, S. A. (2005). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.