Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Menggunakan Media Konkret Pada Siswa Kelas IX MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong
Keywords:
Hasil Belajar, Materi Bangun Ruang, Media Konkret, Siswa MTsAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatkan hasil belajar bangun ruang menggunakan media konkret pada siswa kelas IX MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model siklus yang berulang dan berkelanjutan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong yang berjumlah 176 siswa terdiri dari 77 siswa perempuan dan 99 siswa laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar materi bangun ruang sederhana. Instrumen yang digunakan adalah tes yang telah divalidasi oleh ahli, observasi sesuai dengan standar isi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang sederhana siswa kelas IX menggunakan media konkret berupa alat peraga bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai siswa materi bangun ruang sebelum dan sesudah diberi tindakan.. Hasil akhir diketahui bahwa semua nilai rata-rata siswa dan persentase ketuntasan siswa sudah mencapai KKM, sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sederhana siswa kelas IX MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong Tahun Ajaran 2020/2021.
Downloads
References
Abdurrohman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Baharuddin & Wahyuni, N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Fathurrohman dan Wuryandani, W. (2011). Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Nuha Litera
Marno & Idris, M. (2010). Strategi & Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruszz Media.
Sadiman, A.S., Raharjo, R., Haryono, A., Harjito. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Siswoyo, D., Sulistyono, T., Dardiri, A. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sukidin, Basrowi, Suranto, (2002). Manajemen Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendikia
Wibowo, B., dan Mukti, F. (1992). Media Pendidikan. Jakarta: Depdikbud P2TK