Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Aplikasi Android Bernuansa Etnomatematika

  • Nur Mahsarah Rahadatul Aisy Universitas Negeri Semarang
  • Stevanus Budi Waluya Universitas Negeri Semarang
  • Zaenuri Mastur Universitas Negeri Semarang
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah, Aplikasi android, Etnomatematika, Pendidikan, Matematika

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika berbantuan aplikasi android bernuansa etnomatematika. Metode penelitiannya yaitu literature review berdasarkan kajian penelitian-penelitian terdahulu yang relevan mengenai kemampuan pemecahan masalah, aplikasi android, dan etnomatematika. Dikaji dan diseleksi beberapa artikel yang diperoleh dari pencarian Google Scholar, Scopus, dan aplikasi Publish or Perish 7. Adapun banyak artikel yang dikaji yaitu 23 artikel yang bersumber dari jurnal nasional maupun jurnal internasional. Hasil kajian menunjukkan bahwa aplikasi android bernuansa etnomatematika dapat meningkatkan dan melatih siswa dalam memecahkan masalah matematika, dikarenakan dapat efektif, efisien, mudah, dan bermakna dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abiam, P.O., Abonyi, O.S., Ugama, J.O. Okafor, G. (2016). Effects of Ethnomathematics-based Instructional Approach on Primary School Pupils’ Achievment in Geometry. Journal of Scientific Research and Reports, 9(2): 1-15.

Aisyah, P., Nurani, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal On Education, 1(1): 58-65.

As’ari, A R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., Taufiq, I. (2017). Matematika Buku Guru untuk SMP/MTs. Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Auliya, N.M., Suyitno, A., Asikin, M. (2020). Potensi Mobile Learning Berbasis Etnomatematika Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Pada Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 3(1): 620-626.

Barhoumi, C. (2015). The Effectiveness of Whatsapp Mobile Learning Activities Guided by Activity Theory on Students’ Knowledge Management. Contemporary Educational Tehnology, 6(3): 221-238.

Cahyo, dkk. (2017). Modul Pembelajaran Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 sesuai Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Solo: Citra Pustaka.

Fadriati, & Muchlis, L.S.. (2021). Analisis Penggunaan Learning Management System dengan pendekatan Problem Solving dalam Pembelajaran Online di Masa Covid 19. Proceeding IAIN Batusangkar, 5(12): 93-102.

Hasanah, S.M., & Wahyudin, Y. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemcahan Masalah dan Self Regulated Learning pada Siswa SMA dengan Model Pembelajaran Matematika Knisley Berbantuan Bulletin Board. Scientific Journal of Research in Mathematics Education, Volume I Nomor 1.

Ilyyana, K., & Rochmad. (2018). Analysis of Problem Solving Ability in Quadrilateral Topic on Model Eliciting Activities Learning Containing Ethnomathematics. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7 (2): 130-137.

Kusuma, D., & Sapto, A.S. (2019). Pemanfaatan Mobile Learning Bernuansa Etnomatematika dalam Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia 1(1): 379-382.

Marhami, Fonna, Mursalin, Nuraina. (2020). The Effect of Video Conference Assisted Online Learning on Students' Mathematical Problem Solving Ability during the Covid-19 Pandemic. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(11): 947-951.

Miftah, M. (2018). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan Penelitian Bidang Pendidikan pada BPMP Kemdikbud, 1(2): 95-105.

Nissa, I.C. (2015). Pemecahan Masalah Matematika Teori dan Contoh Praktik. Lombok: Duta Pustaka Ilmu.

Özreçberoğlu, N., & Çağanağa, Ç.K.. (2017). Making It Count: Strategies for Improving Problem-Solving Skills in Mathematics for Students and Teachers’ Classroom Management. EURASIA Journal of Mathematics, Scence and Technology Education, 14(4): 1253-1261.

Puspandari, N., & Suparman. (2019). Design of Mathematics Learning Multimedia Base on PBL Model to Improve Student’s Creative Thingking Skill. International Journal of Scientific and Technology Research, 8 (12): 486-489.

Polya, G. (1973). How To Solve It Second Edition. New Jersey: Princeton University Press.

Rapanta, C., Botturi, L., Goodyear, P., Guàrdia, L., & Koole, M. (2020). Online University Teaching During and After the Covid-19 Crisis: Refocusing Teacher Presence and Learning Activity. Postdigital Science and Education, 2: 923-945.

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis Problem Solving in Mathematical Using Theory Newman. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14 (2): 671-681.

Santagata, R., König, J., Scheiner, T., Nguyen, H., Adleff, A.K., Yang, X., & Kaiser, G. (2021). Mathematics Teacher Learning to Notice: A Systematic Review of Studies of Video‑Based Programs. ZDM Mathematics Education, 53: 119-134.

Santos, M., & Trigo. (2016). Digital Technologies and Mathematical Problem Solving., Problem Solving in Mathematics Education Handbook, 19-30.

Suarsana, I.M., Lestari, I.A.P.D., Mertasari, N.M.S. (2019). The Effect of Online Problem Posing on Students’ Problem-Solving Ability in Mathematics. International Journal of Instruction, 12(1): 809-820.

Szabo, Z.K.; Körtesi, P.; Guncaga, J.; Szabo, D.; Neag, R.. 2020. Examples of Problem-Solving Strategies in Mathematics Education Supporting the Sustainability of 21st-Century Skills. Sustainability, 12(23), 10113.

Widada, W., Herawaty, D., Anggoro, A.F.D., Yudha, A., Hayati, M.K. (2019). Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability. Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018), 13-16.

Wijaya, T.T. (2021). How Chinese Students Learn Mathematics During the Coronavirus Pandemic. International Journal of Education Research and Innovation, Vol. 15, 1-16.

Zulkarnain, I. dan Budiman, H. (2019) Pengaruh Pemahaman Konsep terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Research and Development Journal of Education, 6 (1): 18-27.

Published
2021-07-01
How to Cite
Aisy, N. M. R., Waluya, S. B., & Mastur, Z. (2021). Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Aplikasi Android Bernuansa Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 1(1), 16-26. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1035