HUBUNGAN BIAYA PROMOSI DENGAN VOLUME PENJUALAN MOTOR PADA CV. SINAR UTAMA DI KUTAI BARAT TAHUN 2018

  • Yair Yair Universitas Mulawarman
  • Kaspul AM Universitas Mulawarman
  • Noor Ellyawati Universitas Mulawarman
Keywords: Biaya Promosi, Volume Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan biaya promosi dengan valume penjualan pada CV. Sinar Utama di Kutai Barat Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan dilaksanakan di Kutai Barat. Data yang diambil sebanyak satu tahun yaitu pada tahun 2018 dengan metode observasi,dokumentasi, wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan pengujian signifikan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan nilai koefisien korelasi biaya promosi sebesar 0.628, bila diinterprestasikan kedalam skala interprestasi koefisien korelasi masuk dalam kategori “Kuat”. Dari perhitungan uji t diperoleh dari perbandingan antara t hitung dengan t tabel dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel, 2.554>1.812. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada hubungan yang signifikan antara biaya promosi dengan volume penjualan motor pada CV. Sinar Utama di Kutai Barat Tahun 2018. Dari hasil penelitian perusahaan hendaknya terus melalukan promosi yang lebih bervarasi tetapi dengan biaya promosi yang tidak terlalu besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchari, Alma. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan kedelapan. Bandung: Alfabeta.
Buchari, Alma. 2009. Pengantar Bisnis. Cetakan kelima. Bandung: Alfabeta.
Efendi, Pakpaham. 2009. Volume Penjualan. Jakarta: PT. Bina Intitama Sejahtera.
Irmal, 2017. “ Pengaruh Promosi terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada CV. Susu Ceria Kids di Kota Depok”. Pekobis Jurnal Pendidikan. Vol 1 No. IV.
Kusnadi. 2009. Teori Akuntansi. Universitas Brawijaya Malang.
Masruroh. Widodo. Zulianto. 2019. ”Pengaruh biaya Promosi terhadap Volume Penjualan Motor pad Sentral Yamaha Jember tahun 2016-2018”. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 13 No.2.
Muhammad, Firdaus. 2008. Manajemen pemasaran Modern.Yogyakarta: Liberty.
Philip. Kotler. 2018. Prinsisp-prinsip pemasaran. Jilid satu. Jakarta: Erlangga.
Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta.
Syaharuddin, Aswin, 2015. “Pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan penjualan rumah pada perumahan Grand Aroepala di makassar”.jurnal pendidikan Ekonomi. Vol I No. II, halaman 1-17.
Published
2020-12-30
How to Cite
Yair, Y., AM, K., & Ellyawati, N. (2020). HUBUNGAN BIAYA PROMOSI DENGAN VOLUME PENJUALAN MOTOR PADA CV. SINAR UTAMA DI KUTAI BARAT TAHUN 2018. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 2(2), 15-25. https://doi.org/10.30872/prospek.v2i2.1306
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>