PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELEK TEKNOLOGI: STUDI PENYELENGGARAAN PELATIHAN MICROSOFT OFFICE DI LKP GHANESA SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan program pelatihan Microsoft Office dan 2) hasil kerja peserta pelatihan pada program pelatihan Microsoft Office di LKP Ghanesa Samarinda. Subjek penelitian ini adalah pengelola, instruktur dan peserta pelatihan LKP Ghanesa. Penelitian ini menggunakan Mix Methods (Metode Campuran). Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) penerapan program pelatihan Microsoft Office di LKP Ghanesa terdiri dari tiga tahap yaitu: (a) perencanaan dari menentukan identifikasi kebutuhan dengan menggunakan trend analisis dan dari permintaan peserta. Tujuan pelatihan meningkatkan pengetahuan, skill, perubahan sikap yang lebih baik dan dapat mengaplikasikan di dunia kerja. Penetapan instruktur dengan melihat karakteristik, latar belakang dan kemampuan sesuai bidangnya. Perekrutan peserta kursus dengan menyebar promosi diberbagai sosial media, (b) pelaksanaan terdiri dari komunikasi dua arah yang bersifat kondusif, materi yang sesuai dengan kebutuhan belajar, metode yang digunakan adalah teori, praktek dan tanya jawab, media pembelajaran yaitu modul, computer dan proyektor, pendampingan dilakukan dengan pengawasan, pengarahan dan tanyajawab dan (c) evaluasi yang digunakan adalah berupa tes.
Downloads
References
Amaliah, F. N. (2020). Peran Pengelola Bank Ramah Lingkungan (Ramli) dalam Pemberdayaan Masyarakat di Perumahan Graha Indah Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 18–22. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.430
Arnady, M. A., & Prasetyo, I. (2016). Evaluasi Program Kecakapan Hidup di Sanggar Kegiatan Belajar Bantul, Yogyakarta. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 60–74. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.6303
Baniah, E. N. S., Riyadi, & Singal, A. R. (2021). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Keterampilan Menjahit Busana Wanita Bagi Peserta Pelatihan di LKP Rachma Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 75–80. https://doi.org/10.30872/ls.v2i2.938
Dewi, R. V. K. (2020). Pemberdayaan Perempuan Peserta Pelatihan Tata Rias Pengantin di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Vivi Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 12–17. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.429
Divayana, D. G. H., & Sugiharni, G. A. D. (2016). Evaluasi Program Sertifikasi Komputer Pada Universitas Teknologi Indonesia Menggunakan Model Cse-Ucla. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 158. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8586
Fatma, A. M. (2018). Peran Tutor dalam Mengembangkan Motivasi Berprestasi Warga Belajar Paket C di PKBM Dharma Bekti Kecamatan Cibinong Bogor. E-Plus: Eksistensi Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 193–204. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i2.4898
Fitri. (2020). Pelatihan Menjahit dalam Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Perempuan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tiara Dezzy Samarinda. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 11(2), 27–34. https://doi.org/10.23887/jjpkk.v11i2.23205
Gatot, M., & Mukri, S. G. (2020). Model Konseptual Perencanaan Program Desa Vokasi Pada Lembaga Pendidikan Non Formal (Spnf) Sanggar Kegiatan Belajar (Skb) Kabupaten Bogor Melalui Program Kemitraan. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 278–292. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v3i2.3612
Hartanti, N. B. (2020). Pelatihan Kewirausahaan dalam Mengolah Rumput Laut menjadi Manisan dan Dodol pada Kelompok Belajar Sipatuo di LKP BBEC Bontang. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 23–27. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.431
Hidayat, D. (2016). Pembelajaran partisipatif keterampilan berwirausaha untuk pemberdayaan ekonomi warga belajar kejar paket C. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 122–137. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11388
Lazwardi, D. (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah. Kependidikan Islam, 7(2), 67–79. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh
Lukman, A. I. (2021a). Menumbuhkan Motivasi Warga Belajar Melalui Media Audio-Visual di SKB. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 192. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.39439
Lukman, A. I. (2021b). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43669
Maulidah, A. (2020). Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Membuat “Kue Pastry” bagi Warga Belajar Paket C Kelas XI IPS di SPNF SKB Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 72. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1763
Monika, D. R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Kursus Menjahit Di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nanie Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 24–28. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/256
Mustangin. (2020a). Local Resources Based Empowerment Through Non-Formal Education for Women Communities in Kampung Babakan Cianjur. Proceedings of the 1st International Conference on Lifelong Learning and Education for Sustainability (ICLLES 2019), 405, 107–111. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200217.022
Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3
Mustangin, M. (2020b). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 1. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656
Mustangin, M., Iqbal, M., & Buhari, M. R. (2021). Proses Perencanaan Pendidikan Nonformal untuk Peningkatan Kapasitas Teknologi Pelaku UMKM. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 414. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38927
Nengsih, Y. K., Sari, A., & Helmi, H. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Program Paket C Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dan Sanggar Kegiatan Belajar di Kota Palembang. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 51–60. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i1.16861
Ningrum, M. D., & Sujarwo, S. (2017). Pemberdayaan Pedagang Pasar Tradisional dalam Pondok Komunitas Belajar Di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Wonogiri. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 199–214. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.13554
Nurdiyanti, Y., & Nurmalasari, N. (2020). Management of Skills Programs to Improve the Competencies of Graduates of Learning Citizens Manajemen Program Keterampilan Dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan Warga Belajar. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(2), 176–185. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v8i2.436
Octavia, A. (2020). Studi Tentang Kelompok Belajar Usaha Amplang Pada Rumah Produksi Usaha Anda Jaya Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 29–43. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.257
Pakaya, Y. (2020). Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Warga Belajar Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Kedondong Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 1–11.
Parawu, H. E. (2020). Menilik Urgensi Pendidikan dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kualitas Dan Kinerja Aparatur Kecamatan. Journal of Public Policy and Management, 2(1), 29–37. https://doi.org/10.26618/jppm.v2i1.3602
Riyadi. (2020). Hubungan antara Hasil Pelatihan dengan Tingkat Penerapan Teknologi Padi Sawah. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.254
Safitri, D. (2020). Pelatihan Pembuatan Pie Buah Bagi Warga Belajar di UPTD. P2KUKM Provinsi Kalimantan Timur. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 44–49. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.258
Saptadi. (2020). Peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Peserta Kursus Mengemudi Mobil Roda Empat di LKP Cendana Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 28–34. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.432
Saraka. (2020a). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Non-Formal di Kampung Inggris Kediri. Lingua, 17(1), 79–94. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.629
Saraka. (2020b). The Impact of Teaching Entrepreneurship Engangement on Teacher’s English Proficiency, Teaching Skills, Self-Regulations and Supply Chain for Indonesian EFL Students. International Journal of Supply Chain Management, 9(1), 784–793.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta.
Triwinarti, H. (2020). Komunikasi Pelaksanaan Program Kesetaraan Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tiara Dezzy Samarinda. Kompetensi, 13(1), 16–23. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.32
Wahyuni, S. (2021). Peran Pamong Belajar: Studi Naturalistik terhadap Pamong Belajar dalam Melaksanakan Layanan Program Pendidikan Non Formal. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 17(2), 102–114. https://doi.org/10.35329/fkip.v17i2.1841
Weni, T. (2020). Analisis Proses Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 89–95. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1765
Widiasih, E., & Suminar, T. (2015). Monitoring dan Evaluasi Program Pelatihan Batik Brebesan. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 4(1), 41–49.
Widiastri, D. A. D. (2020). Program Pelatihan Sebagai Upaya Pemberdayaan Korban Pasca Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba di Rumah Damping Borneo BNN RI Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.255
Copyright (c) 2022 Fatimatuzzahra Fatimatuzzahra, Riyadi Riyadi, Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.