https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/issue/feed Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat 2025-04-06T05:59:06+00:00 Muhamad Alisalman alisalmanmuhamad@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Nonformal, dan Pemberdayaan masyarakat</strong> terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu Bulan Juni dan Desember dengan E-ISSN &nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=2723-5300">2723-5300</a>. Artikel yang terbit di jurnal ini telah melalui proses <em>review</em>&nbsp;secara&nbsp;<em>blind review</em> oleh <em>reviewer</em>. <strong>Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Nonformal, dan Pemberdayaan masyarakat</strong> menerima artikel ilmiah hasil penelitian berdasarkan beberapa ruang lingkup, diantaranya:</p> <p>1. Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dan Peningkatan Kapasitas Masyarakat</p> <p>2. Pendidikan Nonformal</p> <p>3. Pendidikan Masyarakat</p> <p>4. Pendidikan Keluarga</p> <p>5. Pemberdayaan Masyarakat</p> <p>&nbsp;</p> https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/4688 PENGARUH PENGEMBANGAN SDM TERHADAP KINERJA TENAGA KESEHATAN MELALUI KOMPETENSI SOFT SKILL DAN PROFESIONALISME KERJA PADA PUSKESMAS CAILE BULUKUMBA 2025-02-26T13:12:48+00:00 Rizky Mardhani Novianto Janis dhanyjanis2209@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengembangan sumber daya manusia (SDM) terhadap kinerja tenaga kesehatan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kompetensi soft skill dan profesionalisme kerja. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Caile, Bulukumba dengan melibatkan 122 responden yang mewakili seluruh tenaga kesehatan di fasilitas tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, pengumpulan data melalui kuesioner dan analisis menggunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan sumber daya manusia (SDM) berpengaruh signifikan terhadap kompetensi soft skill, profesionalisme kerja, dan kinerja tenaga kesehatan. Kompetensi soft skill dan profesionalisme kerja juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga kesehatan. Lebih lanjut, pengembangan sumber daya manusia (SDM) secara tidak langsung berpengaruh terhadap kinerja melalui peningkatan kompetensi soft skill dan profesionalisme kerja. Temuan ini menyoroti pentingnya program pengembangan sumber daya manusia yang terstruktur dengan baik dalam meningkatkan kinerja tenaga kesehatan di Puskesmas Caile. Penelitian ini merekomendasikan agar manajemen puskesmas meningkatkan program pengembangan sumber daya manusia, termasuk pelatihan soft skill dan penguatan profesionalisme, untuk mencapai kinerja yang optimal di kalangan tenaga kesehatan.</p> 2025-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Rizky Mardhani Novianto Janis https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/4365 PRAKTIK PEKERJA SOSIAL DALAM PENDAMPINGAN MASA PERSIDANGAN ABH DI SENTRA HANDAYANI JAKARTA 2025-02-27T01:22:27+00:00 Ria Faisyahril riafisip@unej.ac.id <p>The adolescent development dynamics sometimes lead to behaviors that violate the rules, which are generally in the form of juvenile delinquency. In many cases of juvenile delinquency, the impact has entered the legal realm, where what they do violates the rules and gets criminal law, so they are called Children Facing the Law (ABH). This study aims to look at the practice of social workers in handling ABH clients, drug dealers and users in Sentra Handayani. The method used is qualitative with block placement. The practical steps of social workers seen in the micro realm are engagement, assessment, intervention plan, intervention, evaluation, and termination. As a result, there was a decrease in anxiety after intervention by social workers. In addition, the presence of social workers is also able to facilitate the process of implementing protection for ABH and their families. The intervention carried out by social workers in this institution is considered to be able to ensure that the justice system for ABH does not ignore the needs and rights of children, but on the other hand also provides appropriate justice for criminal offenders.</p> 2025-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Ria Faisyahril https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/4779 STUDI TENTANG PROSES PEMBELAJARAN DALAM KURSUS TATA KECANTIKAN KERITING RAMBUT WANITA DI LPK DIAN FAMILY SAMARINDA 2025-03-28T04:08:06+00:00 Ratna Pebriany rpebriany1998@gmail.com Saraka Saraka saraka_ma@gmail.com Hepy Tri Winarti hepytriw@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses pembelajaran yang diterapkan dalam kursus tata kecantikan keriting rambut di LPK Dian Family. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah untuk memberikan pemahaman dasar, dilanjutkan dengan metode praktek yang lebih dominan untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi metode ceramah dan praktek dalam kursus tata kecantikan rambut di LPK Dian Family efektif dalam membekali peserta dengan keterampilan teknis yang dapat diterapkan di dunia kerja. Proses pembelajaran terbagi menjadi tahapan pendahuluan berupa pengkondisian awal peserta dan apersepsi, kegiatan inti dilaksanakan dengan memberikan materi kepada peserta menggunakan metode pembelajaran, dan refleksi pembelajaran untuk mengetahui umpan balik yang dilaksanakan melalui diskusi bersama. Evaluasi dilakukan melalui ujian tulis dan praktek, dan peserta yang lulus mendapatkan sertifikat sebagai bukti kelulusan.</p> 2025-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ratna Pebriany, Saraka Saraka, Hepy Tri Winarti https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/4781 PELATIHAN MENJAHIT BUSANA WANITA DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL: ANALISIS PERENCANAAN PROGRAM DI LKP RACHMA 2025-03-29T07:37:47+00:00 Kiki Rahayu rahayukiki5@gmail.com Hepy Tri Winarti hepytriw@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses perencanaan program pengembangan keterampilan menjahit busana wanita di LKP Rachma. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, mengungkapkan proses perencanaan program pendidikan nonformal. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen dengan informan dari kepala LKP Rachma, instruktur, dan peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program dimulai dengan identifikasi kebutuhan masyarakat, yang menjadi dasar dalam merancang program yang relevan dan menarik minat masyarakat. Proses rekrutmen peserta didik dilaksanakan setelah tahap persiapan program selesai, dengan promosi melalui berbagai media untuk menarik calon peserta. Proses ini menunjukkan bahwa perencanaan yang baik sangat penting untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan program pendidikan nonformal dan mencapai tujuan yang diinginkan.</p> 2024-12-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Kiki Rahayu, Hepy Tri Winarti https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/4782 KAJIAN TENTANG PEMBELAJARAN PROGRAM KURSUS BAHASA INGGRIS DI LKP GHANESA KOTA SAMARINDA 2025-03-29T21:17:38+00:00 Dona Monika monicadhona@gmail.com Saraka Saraka saraka_ma@gmail.com Hepy Tri Winarti hepytriw@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pelaksanaan pembelajaran dalam program kursus Bahasa Inggris di LKP Ghanesa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang melibatkan pengelola, instruktur, dan peserta kursus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di LKP Ghanesa dimulai dengan pengkondisian awal untuk mempersiapkan peserta didik, dilanjutkan dengan apersepsi yang membantu menghubungkan pengetahuan sebelumnya dengan materi baru. Penyampaian materi dilakukan dengan metode ceramah untuk memberikan pemahaman awal, diikuti dengan metode praktek untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris peserta didik. Evaluasi dan tindak lanjut dilakukan untuk memastikan pencapaian tujuan pembelajaran dan membantu peserta mengatasi kesulitan yang dialami. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan dan metode yang tepat dalam pembelajaran dapat menghasilkan hasil yang maksimal dalam penguasaan bahasa Inggris.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Dona Monika, Saraka Saraka, Hepy Tri Winarti https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/4788 STUDI TENTANG PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI SPNF SKB KOTA BANGUN 2025-04-06T05:59:06+00:00 Agung Dwi Fatoni agungdwifatoni11@gmail.com Hepy Tri Winarti hepytriw@gmail.com Sri Wahyuni sri.wahyuni2623@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pembelajaran yang dilaksanakan pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di SKB Kota Bangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menggambarkan tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran yang diterapkan di SKB Kota Bangun. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan tutor, pengelola SKB, dan peserta program, serta teknik observasi dan studi dokumen untuk mendukung data yang diperoleh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data oleh Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dilaksanakan melalui tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh tutor tercermin dalam dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang memudahkan pelaksanaan pembelajaran secara efektif dan efisien. Pada tahap pelaksanaan, tutor menggunakan metode ceramah untuk memberikan pemahaman awal kepada peserta didik, disertai dengan kegiatan diskusi untuk mengevaluasi pemahaman peserta. Evaluasi dilakukan melalui ujian untuk menentukan kelulusan peserta didik. Proses ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara tutor dan peserta didik dalam menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.</p> 2024-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Agung Dwi Fatoni, Hepy Tri Winarti, Sri Wahyuni