Author Guidelines

Aturan Umum

  1. Naskah merupakan karya yang belum pernah dipublikasikan, termasuk pada publikasi prosiding.
  2. Naskah diketik dengan tipe huruf Arial Narrow 12 untuk abstrak Arial Narrow 10, spasi ganda di kertas berukuran A4, satu kolom, dan dicetak satu muka pada kertas ukuran A4. Batas tepi pada semua sisi masing-masing 3 cm.
  3. Naskah diketik dengan memperhatikan kaidah Bahasa Indonesia dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jika menggunakan istilah selain bahasa Indonesia maka ditulis miring (italic)
  4. Penomoran halaman untuk halaman awal terletak pada bagian tengah bawah dan halaman selanjutnya ada pada bagian kanan atas
  5. Naskah terdiri maksimal 17 Halaman yang telah mencakup semua.
  6. Gambar dan tabel sertai dengan Identitas dan Sumber yang jelas. Identitas Gambar ditulis di bawah gambar diikuti dengan sumbernya. Sedangkan untuk Identitas Tabel ditulis diatas Tabel dan dibawh tabel sumbernya. Teks dan Angka yang tertera dalam Tabel ditulis dengan font 10 dengan tipe huruf Arial Narrow. Sumber tabel ditulis dalam Arial Narrow 9.
  7. Struktur Naskah artikel yang berasal dari Hasil Penelitian terdiri dari Judul, Nama dan Institusi, Abstrak, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.
  8. Struktur Naskah terdiri dari Judul, Nama dan Institusi, Abstrak, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.

Struktur Penulisan Naskah

  1. Judul ditulis secara jelas dan terdiri tidak lebih dari 15 kata, yang ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  2. Nama dan Institusi ditulis lengkap disertai dengan Email Penulis Pertama, jika terdiri dari lebih dari satu penulis yang berbeda institusi maka menggunakan Superscript (1, 2, 3) setelah nama dan institusi mengikuti nama tersebut.
  3. Abstrak ditulis antara 150-200 kata dengan 3-5 kata kunci, ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (seperti template) dan memuat ringkasan dari (a) latar belakang masalah dan tujuan penelitian, (b) metodologi, (c) hasil atau dampak (ulasan), dan (d) kesimpulan
  4. Pendahuluan berisi latar belakang masalah disertai dengan kajian litaratur dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Pada pendahuluan terdapat permasalahan penelitian yang jelas sehingga penting sekali penelitian ini dilaksanakan.
  5. Metode Penelitian berisi jenis metode apa yang dilaksanakan. Metode ini juga menjelaskan tentang spesifikasi yang jelas terkait dengan Metode Penelitian yang dilakukan baik Kuantitaf maupun Kualitatif.
  6. Hasil dan Pembahasan berisi dengan temuan-temuan penelitian dan juga kajian atas temuan penelitian dikaitkan dengan teori atau konsep yang berasal dari Buku dan Jurnal.
  7. Kesimpulan, pada bagian ini berisi poin penting tentang hasil dan pembahasan penelitian. Kesimpulan ini juga berisi tentang rekomendasi terkait dengan hasil penelitian.
  8. Daftar Rujukan berisi daftar literature yang digunakan dalam artikel jurnal ini dan juga hasil kajian penelitian yang digunakan. Khusus artikel jurnal yang dijadikan Daftar Rujukan berasal dari 10 Tahun terbitan terakhir. Rujukan yang diambil dari Blog Pribadi tidak disarankan.

Penulisan Daftar Pustaka

Buku

Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perspective. Boston, MA: Pearson Education, Inc.

Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2007). Using multivariate statistics (Fifth ed.). Needham Heights, MA: Allyn & Bacon.

Buku dengan editor

Tobias, S., & Duffy, T. M. (Eds.). (2009). Constructivist instruction: Success or failure? New York, NY: Routledge.

Buku Kumpulan Tulisan

Sahlberg, P. (2012). The most wanted: Teachers and teacher education in Finland. In L. Darling-Hammond & A. Lieberman (Eds.), Teacher education around the world: changing policies and practices. London: Routledge.

Buku Terjemahan

Schunk, D. H. (2012b). Learning theories an educational perspective (E. Hamdiah & R. Fajar, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Original work published 2012).

Artikel Jurnal

Nurgiyantoro, B. & Efendi, A. (2017).  Re-Actualization of Puppet Characters in Modern Indonesian Fictions of The 21st Century. 3L. The Southeast Asian Journal of English Language Studies. 23 (2): 141-153

Retnowati, E., Fathoni, Y., & Chen, O. (2018). Mathematics Problem Solving Skill Acquisition: Learning by Problem Posing or by Problem Solving?. Cakrawala Pendidikan. 37 (1): 1-10

Mustangin, M. dkk. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata di Desa Bumiaji. Sosiglobal: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Sosialogi. 2 (1): 59-72

Prosiding

Retnowati, E. (2012, 24-27 November). Learning mathematics collaboratively or individually. Paper presented at the The 2nd International Conference of STEM in Education, Beijing Normal University, China.

Buku Dokumen Organisasi/Lembaga

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author.

Peraturan Perundangan

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional