PELAKSANAAN PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL LINGKUNGAN PT PUPUK ISKANDAR MUDA DALAM MELESTARIKAN PAYA NIE MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM BEUJROH
Abstract
Gampong Blang Mee merupakan wilayah ring 1 PT Pupuk Iskandar Muda. Di Gampong Blang Mee terdapat area Paya Nie dengan luas 304,19 ha yang menjadi habitat bagi beragam flora dan fauna salah satunya adalah tanaman purun. Tanaman purun yang banyak tumbuh di area Paya Nie ini sejak dahulu sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Blang Mee menjadi berbagai macam kerajinan seperti eumpang geunifo (tas belanja), tika duk (tikar duduk), sajadah, dan tikar biasa. Menganyam purun sudah menjadi tradisi turun temurun bagi masyarakat Blang Mee. Seiring dengan berkembangnya zaman, anyaman purun mulai kurang diminati maka untuk melestarikan kearifan lokal dan melestarikan Paya Nie dilaksanakanlah program pemberdayaan dengan menyasar ibu-ibu pengrajin purun di Blang Mee. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program pelestarian Paya Nie melalui pemberdayaan UMKM Beujroh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil analisis penelitian ini adalah PT Pupuk Iskandar Muda melalui program tanggung jawab sosial lingkungannya mengimplementasikan program pemberdayaan anggota UMKM Beujroh untuk membuat kerajinan purun. Program ini dilaksanakan dengan kerjasama antara PT Pupuk Iskandar Muda dan Lembaga Aceh Wetland Foundation (AWF). Dalam pelaksanaan programnya setiap aktor memiliki peranannya masing – masing, PT PIM sebagai akselerator dan AWF sebagai pembina dan pendamping UMKM Beujroh.
Downloads
References
Amaliah, F. N. (2020). Peran Pengelola Bank Ramah Lingkungan (Ramli) dalam Pemberdayaan Masyarakat di Perumahan Graha Indah Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 18–22. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.430
Baniah, E. N. S., Riyadi, & Singal, A. R. (2021). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Keterampilan Menjahit Busana Wanita Bagi Peserta Pelatihan di LKP Rachma Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 75–80. https://doi.org/10.30872/ls.v2i2.938
Dewi, R. V. K. (2020). Pemberdayaan Perempuan Peserta Pelatihan Tata Rias Pengantin di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Vivi Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 12–17. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.429
Fahmi, F. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Program Kemitraan PT Pegadaian (Persero) Kanwil IX, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta
Fitri. (2020). Pelatihan Menjahit dalam Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Perempuan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tiara Dezzy Samarinda. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 11(2), 27–34. https://doi.org/10.23887/jjpkk.v11i2.23205
Hadari Nawawi dan Mini Martini. (1996). Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Hartanti, N. B. (2020). Pelatihan Kewirausahaan dalam Mengolah Rumput Laut menjadi Manisan dan Dodol pada Kelompok Belajar Sipatuo di LKP BBEC Bontang. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 23–27. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.43
Ife, J & Tesorierro, F. (2008). Community Development: Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi, Edisi Ketiga (Sastrawan Manullang, Nurul Yakin, M. Nursyahid; alih bahasa). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Lukman, A. I. (2021a). Menumbuhkan Motivasi Warga Belajar Melalui Media Audio-Visual di SKB. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 192. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.39439
Lukman, A. I. (2021b). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43669
Maulidah, A. (2020). Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Membuat “Kue Pastry” bagi Warga Belajar Paket C Kelas XI IPS di SPNF SKB Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 72. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1763
Moleong, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Monika, D. R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Kursus Menjahit Di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nanie Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 24–28. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/256
Mustangin. (2020a). Local Resources Based Empowerment Through Non-Formal Education for Women Communities in Kampung Babakan Cianjur. Proceedings of the 1st International Conference on Lifelong Learning and Education for Sustainability (ICLLES 2019), 405, 107–111. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200217.022
Mustangin, Iqbal, M. Buhari, M. R. (2021) Proses Perencanaan Pendidikan Nonformal Untuk Peningkatan Kapasitas Teknologi Pelaku UMKM. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 5 (3). 414-420. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38927
Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Learning Service. 5 (3). 234-241. http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3
Mustangin, M. (2020b). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 1. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656
Octavia, A. (2020). Studi Tentang Kelompok Belajar Usaha Amplang Pada Rumah Produksi Usaha Anda Jaya Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 29–43. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.257
Pakaya, Y. (2020). Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Warga Belajar Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Kedondong Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 1–11.
Qanun Kabupaten Bireuen Nomor 7 Tahun 2013 tentang RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah)
Riyadi. (2020). Hubungan antara Hasil Pelatihan dengan Tingkat Penerapan Teknologi Padi Sawah. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.254
Saraka. (2020). The Impact of Teaching Entrepreneurship Engangement on Teacher’s English Proficiency, Teaching Skills, Self-Regulations and Supply Chain for Indonesian EFL Students. International Journal of Supply Chain Management, 9(1), 784–793
Saraka. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Non-Formal di Kampung Inggris Kediri. Lingua, 17(1), 79-94. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.629
Safitri, D. (2020). Pelatihan Pembuatan Pie Buah Bagi Warga Belajar di UPTD. P2KUKM Provinsi Kalimantan Timur. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 44–49. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.258
Saptadi. (2020). Peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Peserta Kursus Mengemudi Mobil Roda Empat di LKP Cendana Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 28–34. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.432
Triwinarti, H. (2020). Komunikasi Pelaksanaan Program Kesetaraan Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tiara Dezzy Samarinda. Kompetensi, 13(1), 16–23. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.32
Weni, T. (2020). Analisis Proses Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 89–95. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1765
Wahyuni, S. (2021). Peran Pamong Belajar: Studi Naturalistik terhadap Pamong Belajar dalam Melaksanakan Layanan Program Pendidikan Non Formal. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 17(2), 102–114. https://doi.org/10.35329/fkip.v17i2.1841
Widiastri, D. A. D. (2020). Program Pelatihan Sebagai Upaya Pemberdayaan Korban Pasca Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba di Rumah Damping Borneo BNN RI Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.25
Copyright (c) 2022 Antika Sukma Pandanarum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.