Islamisasi di Bumi Etam: Transformasi Politik, Agama dan Budaya Masyarakat Kutai

  • Muhammad Azmi
Keywords: Islam, Kalimantan Timur, Erau, Beraja Niti, Panji Selaten, Salasilah Kutai

Abstract

Islam masuk ke Bumi Etam dibawa oleh para mubaligh dari Makassar. Tulisan ini merupakan kajian literatur terhadap beberapa penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa islam memberikan kontribusi dalam transformasi di bidang politik, agama dan budaya pada masyarakat Kutai. Transformasi tersebut dapat dilihat pada penggantian istilah raja menjadi Sultan sebagaimana termaktub dalam Salasilah Kutai. Di bidang agama, transformasi terlihat pada penggunaan hukum syariat Islam sebagai dasar hukum Kesultanan Kutai sebagaimana termaktub dalam Undang-undang Beraja Niti dan Panji Selaten. Adapun transformasi bidang budaya terlihat pada pelaksanaan Upacara Erau yang sudah disesuaikan dengan syariat Islam.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adham, D. 1981. Salasilah Kutai. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Amin, Asli, Badaranie Abbas, and Anwar Soetoen. 1979. Dari Swapraja Ke Kabupaten Kutai. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Azmi, M. (2017). Islam di Kalimantan Selatan pada Abad Ke-15 sampai Abad Ke-17. Yupa: Historical Studies Journal, 1(1), 38-47.

Azra, Azyumardi, and Jajat Burhanudin. 2010. Indonesia Dalam Arus Sejarah: Kedatangan Dan Peradaban Islam. Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve.

Daliman. 2012. Islamisasi Dan Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam Di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Ideham, M. Suriansyah. 2003. Sejarah Banjar. Banjarmasin: Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kalimantan Selatan.

Kulke, Hermann. 1991. “Epigraphical References to the City and the State in Early Indonesia.” Indonesia Journal 52:3–22.

Muljana, Slamet. 2005. Menuju Puncak Kemegahan (Sejarah Kerajaan Majapahit). Yogyakarta: LKiS.

Muljana, Slamet. 2009. Tafsir Sejarah Negarakertagama. Yogyakarta: LKiS.

Munoz, Paul Michael. 2013. Kerajaan-Kerajaan Awal Kepulauan Indonesia Dan Semenanjung Malaysia. Yogyakarta: Media Abadi.

Poesponegoro, Marwati Djoened, and Nugroho Notosusanto. 2010. Sejarah Nasional Indonesia II: Zaman Kuno. Jakarta: Balai Pustaka.

RI, Kementerian Penerangan. 1953. Propinsi Kalimantan. Jakarta: Kementerian Penerangan RI.

Sani, M. Yamin. 2016. “Erau: Ritual Politik Dan Kekuasaan.” Al-Qalam 18(2):297–309.

Sedyawati, Edi, and Hasan Djafar. 2010. Indonesia Dalam Arus Sejarah: Kerajaan Hindu-Buddha. Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve.

Wetik, Fred. 2004. Sejarah Perjuangan Sultan Aji Muhammad Idris Raja Kutai Kertanegara: Salah Satu Putera Terbaik Nusantara. Kabupaten Kutai Kertanegara: KISIK dan Yayasan Lanjong.

Zaini-Lajoubert, Monique. 2008. Karya Lengkap Abdullah Bin Muhammad Al-Misri. Jakarta: Ecole francaise d’Extreme-Orient dan Komunitas Bambu.

Published
2022-01-31
How to Cite
Azmi, M. (2022). Islamisasi di Bumi Etam: Transformasi Politik, Agama dan Budaya Masyarakat Kutai. Langgong: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 91-105. https://doi.org/10.30872/langgong.v1i2.539
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>