Pemanfaatan Google Classroom Dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Berau

  • Muhammad Aldo Al Adzan Universitas Mulawarman
  • Muhammad Azmi Universitas Mulawarman
  • Ummi Hafilda Hakim Universitas Mulawarman
Keywords: pemanfaatan google classroom, pembelajaran sejarah, SMAN 2 Berau

Abstract

Pemanfaatan google classroom dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1 SMAN 2 Berau, pokok permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, proses dan evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran sejarah menggunakan google classroom. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran sejarah menggunakan google classroom di kelas X IPS 1, untuk mengetahui proses pembelajaran sejarah menggunakan google classroom di kelas X IPS 1, serta untuk mengetahui evaluasi pembelajaran sejarah menggunakan google classroom di kelas X IPS 1. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Berau Jl. Marsma Iswahyudi, Km.08 Kelurahan Rinding, Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan pada teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian pemanfaatan google classroom dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1 dapat membantu guru dan siswa dalam pembelajaran di kelas saat ini. Pada perencanaan pembelajaran guru terlebih dahulu membuat program tahunan, program semester, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dalam proses pembelajaran guru memberikan absen, materi berupa video pembelajaran dan tugas kepada siswa. Selanjutnya pada evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru sudah cukup baik, guru melakukan penilaian melalui tugas, keaktifan siswa seperti melalui absen, bertanya, serta dari sikap siswa saat pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam perencanaan pembelajaran guru terlebih dahulu membuat program tahunan, program semester, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dalam proses pembelajaran guru memberikan absen kepada siswa sebelum pelajaran dimulai, kemudian guru memberikan materi berupa video pembelajaran dan siswa mengamati atau menyimak video pelajaran yang diberikan oleh guru, setelah pelajaran selesai guru memberikan tugas harian kepada siswa. Selanjutnya pada evaluasi pembelajaran guru melakukan penilaian dari keaktifan siswa, sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran dan tugas-tugas yang diberikan. Pemanfaatan google classroom efektif digunakan pada pembelajaran sejarah saat ini, meskipun ada terdapat kendala yang dihadapi seperti gangguan pada jaringan, mati lampu, aplikasinya eror sehingga siswa mengalami kesulitan saat mengikuti pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnesi, Novita Dan Hamid, K Abdul. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris, Dalam Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 1. Diakses Juni 2015.
Hamlik Oemar, 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Helaludin & Hengki Wijaya. 2019. Analisis data kualitatif sebuah tinjauan, teori dan praktik: Sekolah Tinggi Theologi Jaffray. https://books.google.co.id/books?idlf7ADwAAQBAJ&printsec=frontcovr&dq=analosis+data+kualitatig&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwiv2NPpJnpAhWLdn0KHZFcAfMQ6AEIKTAA#v=onepage&q=analosis%20data%kualitatig&f=false (diakses pada tanggal 20 April 2020, pukul 13.25 WIB).
Iskandar, dkk. 2020. Aplikasi Pembelajaran TIK. Yayasan kita menulis. https://books.google.co.id/books?id=_LfQDwAAQBAJ&pg=PA68&dq=aplikasi+pembelajaran+tik&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwilt66ZuZnpAhWUfH0KHfGcClEQ6AElKTAA#v=onepage&q=aplikasi%20pembelajaran%20tik&f=false (diakses pada tanggal 20 April 2020, pukul 14.00 WIB).
Majid Abdul, 2007. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standart Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakrya.
Marharjono. 2020. Manfaat Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol. 5, No.1: 56-63.
Moleong, Lex J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Multyaningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nisa El Fauziyah, Ula. dkk. 2019. Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-guru Bahasa Inggris di SMP Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 02(02): 183-191.
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Soni, dkk. 2018. Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk MU Negeri RI. 2(1): 18-19.
Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.
Sulthon, M dan Khusnuridlo Moh, 2006. Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspekftif Global. Yogyakarta: PRESSindo.
Susanto, Heri. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
Winkel W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Published
2022-01-20
How to Cite
Adzan, M. A. A., Azmi, M., & Hakim, U. H. (2022). Pemanfaatan Google Classroom Dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Berau. Langgong: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 40-48. https://doi.org/10.30872/langgong.v1i1.530
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>