Sejarah Perkembangan Sekolah Islam Terpadu Al-Auliya Yayasan Pendidikan An Nahl Balikpapan (2000-2015)

  • Nurul Faizah Yusran Universitas Mulawarman
  • Muhammad Azmi Universitas Mulawarman
  • Ummi Hafilda Hakim Universitas Mulawarman
Keywords: Perkembangan sekolah Al-Auliya, Sekolah Islam Balikpapan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana sejarah perkembangan sekolah Islam terpadu Al-Auliya Yayasan Pendidikan An Nahl Balikpapan (2000-2015). Penelitian ini akan difokuskan menjelaskan bagaimana sejarah berdirinya, sejarah perkembangan dan persepsi masyarakat sekolah terhadap sekolah islam terpadu Al-Auliya yayasan pendidikan An Nahl Balikpapan Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian sejarah. Adapun metode yang digunakan yaitu metode sejarah dengan tahapan yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, historiografi. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dokumentasi, dan kuesioner sebagai metode pengumpul data. Kuesioner digunakan untuk kebutuhan pengumpulan data dalam cakupan yang lebih luas dan berisi beberapa pertanyaan yang ditujukan dalam memperoleh informasi dari informan yaitu, orang tua, siswa, guru dan karyawan. Dalam hal ini hasil kuesioner juga akan digunakan untuk menentukan informan kunci yang akan diwawancarai untuk mendapatkan informasi tertentu (purposive sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Islam Terpadu Al-Auliya dibawah pengelolaan oleh Yayasan Pendidikan An Nahl Balikpapan, yang mana yayasan ini pada awalnya bernama Yayasan Dakwah Islam An Nahl didirikan pada tahun 1997 dan berganti nama menjadi Yayasan Pendidikan An Nahl Balikpapan pada tahun 2013. Sekolah Islam Terpadu Al-Auliya sejak tahun 2000 sampai dengan tahun 2015 berkembang menjadi 6 unit sekolah yaitu, TKIT Al-Auliya 1, TKIT Al-Auliya 2, SDIT Al-Auliya 1, SDIT Al-Auliya 2, SMPIT Al-Auliya, dan SMAIT Al-Auliya. Persepsi sekolah islam terpadu Al-Auliya ini merupakan sekolah islam terpadu terbesar di Balikpapan, sekolah islam terpadu yang mampu bersaing dengan sekolah negeri dan swasta yang ada di Balikpapan, salah satu sekolah terbaik yang ada di Balikpapan, yang memiliki sarana dan prasarana yang nyaman dalam kegiatan proses belajar mengajar, serta menjawab keresahan orang tua yang menginginkan anak-anaknya menjadi anak-anak yang paham agama seperti, memiliki kompetensi bacaan Al-Qur’an yang baik dan benar, pembiasaan dalam penerapan nilai-nilai islami dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Ichsan. 1993. Hukum Dagang (Cet. Ke-5). Jakarta: Pradnya Paramitha. Hlm. 110
Al-Quran dan Terjemahannya. 1989. Departemen Agama. Toha Putera.
Anas Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Borahima, A (2010). Kedudukan Yayasan Di Indonesia. Jakarta: Prenada Media. Hlm. 4
Black's Law Dictionary., St. Paul Minn West Publishing Co. (fifth Edition), 1979, hlm. 591.
Chatamarrasjid Ais. 2002. Badan Hukum Yayasan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti. Hlm.81
Chatamarrasjid Ais. 2002. Badan Hukum Yayasan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti. Hlm.188
Chatamarrasjid Ais. 2000. Tinjauan Sosial Yayasan dan Kegiatan Usaha Bertujuan Laba. Bandung: PT Citra Aditya Bakti. Hlm.15
Chidir Ali., “Badan Hukum”., Alumni, Bandung, 1991, hlm 89
Daliman, A. 2012. Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Darani, N. P. (2021). Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Perspektif Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 133-144.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Panduan Manajemen Mutu Sekolah. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Jakarta, 2000
Frimayanti, A. I. (2015). Latar Belakang Sosial Berdirinya Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Di Indonesia. Al-Tadzkiyyah, 6(1), 27–45.
Hamid & Majid. 2011. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Helius Sjamsuddin. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak, 2012.
J.R, Raco, Metode Penelitian Kualitatif Jenis Karakteristik dan Keunggulannya, Jakarta: Grasindo, 2010.
Kurnaengsih. (2015). Konsep sekolah islam terpadu Kajian Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Risalah Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 78–84.
Lubis, A. (2018). Sekolah Islam Terpadu Dalam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Islamic School Integrated in Islamic Education History in Indonesia. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 4(2), 1077–1095.
Mualimin, M. (2017). Lembaga Pendidikan Islam Terpadu. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 99. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2099
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Margono, S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Moedliono, Imam. 2002. “Konsep Dan Implementasi Pendidikan Islam Terpadu” dalam Jurnal Pendidikan Islam. Jurusan Tarbiyah. Volume VII Tahun V Juni 2002.
Mark Dowie, American Foundations: An Investigative History. Cambridge, (Massachusetts: The MIT Press, 2001), hlm, 4.
Nata, Abuddin. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Nurwahid, H. 2006. Sekolah Islam Terpadu Konsep dan Aplikasinya. Bandung: JSIT Indonesia
Pranoto, S. 2010. Teori dan Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ramayulis. 2012. Sejarah Pendidikan Islam, Napak Tilas Perubahan Konsep, Filsafat, Dan Metodologi Pendidikan Islam Dari Era Nabi SAW Sampai Ulama Nusantara. Jakarta: Radar Jaya Ofset
Ramelan. 2012. Badan Pembinaan Hukum Nasional, Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.
Steenbrink, Karel A. 1986. Pesantren, Madrasah, Sekolah. Jakarta: LP3ES The Columbia Encyclopedia, 1963. NY & London: Colombia University Press.
Steenbrink, K. A. (1986). Pesantren, Madrasah, Sekolah. Jakarta: Colombia University Press.
Sumanti, S. T., Zunidar, Z., Kurniawan, H., & Sahfutra, S. A. (2021). Pengaruh Otoritas Keagamaan Di Sekolah Islam Terpadu. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1), 1–11. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.771
Sani, Ridwan Abdullah, dkk. 2018. Penelitian Pendidikan. Medan: Tira Smart
Sjamsuddin, H. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Tim Penyusun Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia. 2006. Sekolah Islam Terpadu Konsep dan Aplikasinya. Jaringan Sekolah Islam Terpadu. Jakarta. Hal. 57
Tim Penulis Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia. 2010. Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Jaringan Sekolah Islam Terpadu. Jakarta.
Tim Penulis Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia. 2014. Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Jaringan Sekolah Islam Terpadu. Jakarta.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
WJS. Poerwadarminta. 1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Hlm.1154
Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.
Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Wawan Sukmana dan Yesi Gusman. 2008. Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan Berdasarkan PSAK No. 45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba dan Penerapan Total Quality Management Terhadap Kinerja Yayasan, Jurnal Akuntansi FE Unsil, Vol.3, No.1, 2008 ISNN:1907-9958, Tasikmalaya.
Zainul Bahri. 1996. Kamus Umum Khusus Bidang Hukum dan Politik (Cet. Ke-1). Bandung: PT Angkasa. Hlm. 367
Published
2024-01-17
How to Cite
Yusran, N. F., Azmi, M., & Hakim, U. H. (2024). Sejarah Perkembangan Sekolah Islam Terpadu Al-Auliya Yayasan Pendidikan An Nahl Balikpapan (2000-2015). Langgong: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2). https://doi.org/10.30872/langgong.v2i2.3193
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>