Pengaruh Model PBL Berbasis Media Video terhadap Keterampilan Intelektual pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMAN 11 Samarinda

  • Hasriani Nggasa Program Studi Pendidikan Geografi,Universitas Mulawarman
  • Rahmadi Rahmadi Program Studi Pendidikan Geografi,Universitas Mulawarman
  • Aisyah Trees Sandy Program Studi Pendidikan Geografi,Universitas Mulawarman
  • Anita Eka Putri Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Siliwangi
Keywords: Problem Based Learning, Video, Intellectual, , Geography, Skill

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model PBL berbasis media video terhadap keterampilan intelektual pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 11 Samarinda. Metode penelitian ini menggunakan pre-experimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN berjumlah 216 orang. Pengumpulan data melalui tes, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan 5 indikator keterampilan intelektual diperoleh rata-rata pengamatan keterampilan intelektual pada masing-masing kelas termasuk kategori baik. Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model problem based learning berbasis media video terhadap keterampilan intelektual pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 11 Samarinda kelas X dengan tingkat pengaruh sebesar 6.6%. Hal tersebut sesuai hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi 0.008 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak sehingga model PBL berbasis media video berpengaruh positif dalam mengembangkan keterampilan intelektual peserta didik.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhwani. 2018. “Pembelajaran PPKn dengan Value Clarification Technique Berbantuan Role Playing terhadap keterampilan Intelektual Siswa SMA”. Education and Human Development Journal. 3 (2): 121-129.
Anggela, Rika., Eviliyanto & Rina. 2021. “Pengaruh Penggunaan Video Terintegrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Geografi”. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial. 8 (1): 102-114.
Faqiroh, B. Z. 2020. “Indonesian Journal of Curriculum Problem-Based Learning Model for Junior High School in Indonesia (2010-2019)”. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies. 8 (1): 42–48.
Gunawan, D. 2020. “Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa Iv Sd Negeri 2 Karangrejo Trenggalek”. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. 2 (1): 1–9.
Litasari, V. N., Muhammad Chamdani, Tri Saptuti Susiani. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri Sekecamatan Alian Kabupaten Kebumen”. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 10 (1):187-192
Loyens, S. M. M., P. Kirschner, dan Fred Paas. 2011. “Problem-based learning.” In K. R. Harris, S. Graham & T. Urdan (Eds.). APA Educational Psychology Handbook. Vol 2.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Pratiwi, V. D., & Wuri, W. 2020. “Effect of Problem Based Learning (PBL) Models on Motivation and Learning Outcomes in Learning Civic Education”. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). 9 (3): 401.
Risky, S. M. 2019. “Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar”. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. 28 (2): 73–79.
Santika, I. W. D., Parwati, N. N., & Divayana, D. G. H. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA”. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia. 10 (10): 105–117.
Suwastini, K. N. A., Ni, W. N. P., Ni, L. P. S. A., Gede, R. D., Zulidyana, D. R. 2021. “Problem-based learning and 21st-century skills: Are they compatible?”. EduLite Jurnal Pendidikan, Sastra, dan Budaya Bahasa Inggris. 6 (2): 326–340.
Tarigan, S. B. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di Kelas VI SD Negeri 047166 Sukadame Semester II T.P. 2019/2020”. Bina Gogik. 8 (2): 48-56.
Published
2023-08-04
Section
Articles