Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Prezi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 15 Samarinda

  • Nur Halizah
  • Made Ngurah Partha Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman
  • Aisyah Trees Sandy Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman
Keywords: Pengaruh, Media Prezi, Geografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis prezi terhadap minat belajar peserta didik di SMA Negeri 15 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitaif serta jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 15 Samarinda yang berjumlah 71 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan alat SPSS versi. 20.0 dengan menggunakan teknik product moment dan teknik regresi linier sederhana dengan langkah uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara media pembelajaran berbasis prezi terhadap minat belajar peserta didik, dan dilakukan tahap pengujian mendapatkan hasil dengan tingkat pengaruh sebesar 72,2% dengan tingkat hubungan yaitu (kuat) dimana telah didapatkan respon dari peserta didik mayoritas  peserta didik lebih bersemangat dan lebih tertarik jika proses pembelajaran dilakukan menggunakan media pembelajaran berbasisi prezi,  serta 27,8% dari minat belajar peserta didik dipengaruhi oleh faktor internal seperti tidak memperhatikan pendidik saat menjelaskan materi karena mengantuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Basuki, N. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Menggambar Teknik. PEDIKA (Jurnal Pendidikan Vokasi), 1–16.
Blitar, K. S. (2021). Pengembangan Media Dart Board Untuk Meningkatkan Hail Belajar IPA Kelas 11 Di SDIT Al Akbar Karanggayam Srengat Blitar Siti Khumairo’ Yuli Al -Manik 1. 7(1), 78–95.
Hesti Rachma Wati. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PAI Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI Di SMA Negeri 1 Babat Lamongan. (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam, 2021). SKRIPSI.
Iman, F., Faoji Anwar, I., Junita Harahap, L., Ningsih, S., Miarsyah, M., & Hendi Ristanto, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Mnemonic Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 4(1). https://doi.org/10.23969/biosfer.v4i1.1356
Nasution, E. Y. P., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 205–221. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.466
Nurhidayah Suaib. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Elektronik Terhadap Efektivitas Pembelajaran Peserta Didik MI DDI Silopo Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. (Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pare-pare. SKRIPSI
Oktarika, D. (2015). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media E-Learning Terhadap Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(1), 15–26. http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/download/2/2
Rohiman. (2019). Pengembangan Media Pembekajaran Matematika Berbasis Prezi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Fungsi Pada Siswa Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 18 Bandar Lampung. (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung. 1140 H/2019 M). SKRIPSI.
Saputri, I. J., Irafahmi, D. T., & Sumadi, S (2016). Media Presentasi Prezi Pada Mata Pelajaran Akutansi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Accounting and Business Education, 2(4). https://doi.org/10.26675.jabe.v2i4.607
Siskawati maya, pargiti, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. 4(1), 72–80.
Siti Nur'aini Wahyu Lukmana. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Masa Pendemi Terhadap Minat Belajar Siswa Di PAUD Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik. (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2021). SKRIPSI.
Ulfah Siti Zaenab. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Materi Teknik Animasi Dua Dimensi Menggunakan Macromedia Flash (Studi Kasus Pada SMK Negeri 1 Mesjid Raya), ( Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh, 2018 M/1439 H). SKRIPSI.
Vidiasti, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Prezi Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (tik) Kelas XI di SMA Negeri 1 pakel. Joeict, 3(1), 88—94
Published
2023-04-11
Section
Articles