PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEKOLAQ DARAT

  • Omi Pramida Universitas Mulawarman
  • Sudarman Universitas Mulawarman
  • Sutrisno Universitas Mulawarman
Keywords: Model Pembelajaran, Talking Stick, Hasil Belajar

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi dalam proses
pembelajaran, diperlukan perubahan baru pada setiap zaman yang juga semakin maju, agar
dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai permasalahan didunia pendidikan.
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang lebih
banyak memuat teori yang memaksa anak menghafal dan dimana terkadang materi yang
dimuat belum relevan dengan keseharian siswa, yang menjadikan mata pelajaran IPS
kurang diminati dan cendrung pasif dalam pelaksanaan kegiatannya. Oleh sebab itu
diperlukan sebuah model pembelajaran yang variatif dalam menangani permasalah
tersebut. Model pembelajaran talking stick adalah salah satu jenis dari pembelajaran
kooperatif yang bukan hanya belajar tetapi juga bermain dengan tetap mempertahankan
nilai dari tujuan pembelajaran. Penelitian ini terbagi atas kelompok kontrol dan kelompok
eksperimen dimana setiap kelasnya berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data menggunakan
teknik observasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil asmyp sig 2 tailed
0,009 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 1 Sekolaq Darat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian :
Literature Review General Sampling Techniques in Research Methodology : Literature
Review. 1(2), 85–114.
Helma, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM)Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar IPS.1, 1-10
Lidia, W., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2018). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap
Hasil Belajar. 3(2), 81–87.
Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Pendidikan. Bandung.” Metode Penelitian Pendidikan
(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D): 308.
Yetti Supriyati, Abraham, I. (2022). Desain kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan : Literatur.
8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/http
Published
2023-12-29
How to Cite
Pramida , O., Sudarman, & Sutrisno. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEKOLAQ DARAT. Educational Studies: Conference Series, 3(2), 302-311. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/escs/article/view/3258
Section
Articles