THE INFLUENCE OF LEARNING MOTIVATION ON THE LEARNING ACHIEVEMENT OF ECO/NOMIC EDUCATION STUDENTS FOR THE 2020-2022 FKIP MULAWARMAN UNIVERSITY

Authors

  • Muhammad Reza Iskandar Universitas Mulawarman
  • Noor Ellyawati Universitas Mulawarman
  • Sutrisno Universitas Mulawarman

Keywords:

Hasil Belajar,, Motivasi Belajar,, Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruhh motivasi belajar
terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi. Jenis penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan angket analisis data menggunakan
analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa FKIP pendidikan
ekonomi universitas mulawarman, dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai uji t
sebesar 23.339 > 1.656 yang berarti terdapat pengaruh signifikan positif motivasi belajar (X)
terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai koefisien determinasi sebesar 79,8% menunjuukan
bahwa kemampuan modle regresi menjelaskan variabel motivasi belajar adalah sebesar
tersebut. Hal ini dapat terjadi karena mahasisiwa pendidikan ekonomi angkatan 2020-2022
universitas mulawarman memiliki motivasi belajar yang baik ditunjukkan dengan keaktivan
dan semangat mahasiswa pendidikan ekonomi dalam belajar dan berkegiatan dikampus
termasuk didalamnya adalah kegiatan ektrakulikuler semangat inilah yang kemudian kemudian
dapat meningkatkan prestasi belajar. Dengan motivasi belajar yang baik mahasiswa akan
sangat serius dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti perkuliahan sehingga nilai IPK yang
menjadi salah satu indikator prestasi belajar juga meningkat dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam Felly Falentina, Tabrani Gani dan Hasri, 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Dan
Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas Xi Ipa Madrasah
Aliyah Syekh Yusuf Sungguminasa (Studi Pada Materi Larutan Asam Dan Basa)”. Jurnal
Chemistry Education Review Pendidikan Kimia PPs UNM. Vol. 1 No.1. pp. 73-83
Adi Perdana dan Ramadhona, 2021. “Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah
Statistika Pendidikan dengan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Inquiry”. Journal of
Education and Teaching, Vol. 2 No. 2 Hal. 135-141
Agustiningtyas, P., & Surjanti, J. (2021). Peranan teman sebaya dan kebiasaan belajar terhadap
hasil belajar melalui motivasi belajar di masa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan,
3(3), 794-805.
Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh problem posing dan PBL terhadap prestasi
belajar, dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Riset Pendidikan
Matematika, 3(1), 100-108.
Asmadi, Hendry, Zahra dan Nurhayati, 2021. “Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Program
Studi Manajemen STIE Triguna Jakarta”. Jurnal AKRAB JUARA, Vol. 6 No. 3 Hal. 28-46
Bahrun, Alifah, S., & Mulyono, S. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran
Dan Penjualan Berbasis Web. TRANSISTOR Elektro Dan Informatika. Vol: 02, No: 02.
Bastari, 2019. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata
Pelajaran Ips Kelas Iv Sd Negeri 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung Tahun 2018/2019”.
Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan,
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Dhiki Y. Y. dan Suryani L., 2020. “Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Hasil
Belajar Mata Kuliah Geometri Ruang Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Matematika”. Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains. Vol. 5 No. 1 Hal. 1-8
Djamarah, Syaiful Bahri. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Eka Yanti (2019). “Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar (PGSD) Pada
Mata Kuliah Konsep Dasar IPA”. Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, Vol. 1 No. 2,
Hal. 96-103
Fauziyatun. (2014). Faktor-faktor yang melatarbelakangi rendahnya motivasi belajar siswa kelas
ix smp negeri 22 semarang tahun ajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Bimbingan Dan
Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Firmansyah, Surjani Wonorahardjo dan Munzil Arief, 2016. “Penerapan Model Pembelajaran
Problem Solving Berbantuan Web Pada Materi Ekstraksi Terhadap Hasil Belajar Dan
Motivasi Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan Sains. Vol. 4 No. 2, Hal. 65–72
Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Cipayung-Ciputat: Gaung Persada
(GP) Press.
Jecseneri Andry, 2018. “Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar Serta Kemandirian Belajar
Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas VIII SMP Negeri 1 Tana Tidung Tahun Ajaran
2017/2018”. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika
dan Ilmu Pendidikan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata
Dharma Yogyakarta
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Manurung, T. M. S. (2017). Pengaruh motivasi dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik
mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1(1), 17- 26.
Masni, H. (2015). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Harbeng Masni 1. Dikdaya, 05(1), 34–45.
Mediawati, E. (2010). Pengaruh motivasi belajar mahasiswa dan kompetensi dosen terhadap
prestasi belajar. Dinamika Pendidikan, 5(2).
Pramudjono, 2013. Statistika Dasar. Samarinda: Purry Kencana Mandiri, CV.
Pratiwi, S. S. (2017). Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(1), 54-64.
Sampurnawati, E. (2014). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok
Pada Siswa. Ilmiah Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, 2(09220037), 15–27.
Sahib, 2020. “Analisis Faktor Rendahnya Motivasi Belajar Mahasiswa”. JOEAI (Journal of
Education and Instruction), Vol. 3 No. 1 Hal. 21-35
Sardiman, A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo
Persada
Sari. (2014). Siswa Dalam Proses Pembelajaran Ipa Kecamatan Muara Bulian. Ilmiah Pendidikan
Bimbingan Dan Konseling, 18(2), 1–16.
Sari, 2018. “Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Penguasaan
Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris”. Jurnal Manajemen Tools, Vol. 9 No.
1 Hal. 41-52
Sedarmayanti, & Hidayat, S. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju. Siagian
dan Sondang, 2012. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sidabutar, M. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa.
Epistema, 1(2), 117-125.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media
Publishing
Sri Mendari dan Suci Kewal, 2015. “Motivasi Belajar Pada Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan
Akuntansi Indonesia, Vol. 8 No. 2 Hal. 1-13
Sudarman, 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Samarinda: Mulawarman University Press.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sujarweni,
V. W. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress
Tambunan, Toman Sony, S.E. M.Si. (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha
Ilmu.
Uno B, Hamzah, 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Uno B, Hamzah, 2017. TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA (Analisis di bidang
pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara
Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Edisi
I. Jakarta: Bumi Aksara
Widiarti, Endah, 2018. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil
Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu-Ilmu Sosial Di Sma Negeri 2
Banguntapan, Bantul”. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi,
Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Iskandar, M. R., Ellyawati, N., & Sutrisno. (2023). THE INFLUENCE OF LEARNING MOTIVATION ON THE LEARNING ACHIEVEMENT OF ECO/NOMIC EDUCATION STUDENTS FOR THE 2020-2022 FKIP MULAWARMAN UNIVERSITY . Educational Studies: Conference Series, 3(2), 345–356. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/escs/article/view/3262

Issue

Section

Articles