“PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL DENGAN BANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 SANGASANGA”
Keywords:
Model Pembelajaran Experiential,, Minat BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiential
berbantuan media sparkol videoscribe terhadap minat belajar siswa SMAN 1 Sangasanga.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif,
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dan kuesioner. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis data uji normalitas dan homogen, uji koefisien determinasi, uji
regresi linier sederhana, analisis deskriptif N-gain score dan uji t untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan, antara minat belajar
siswa pada kelas XI yang menggunakan model pembelajaran experiential berbantuan sparkol
videoscribe dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan
hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa pada
mata pelajaran ekonomi setelah menerapkan model pembelajaran experiential pada materi
peranan badan usaha bagi perekonomian Indonesia di kelas XI SMA Negeri 1 Sangasanga
tahun ajaran 2023/2024.
Downloads
References
Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMa Negeri 15 Palembang". Jurnal Profit. 4(1):10.
Ahmad, Universitas, And Dahlan Yogyakarta. “Pengaruh Model Experiential Learning
Berbantuan.” 4: 76–82.
Amalia, Ayu Et Al. 2022. “Penerapan Experiential Learning Pada Materi Perubahan Iklim Untuk
Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” 7(1): 134–44.
Amri, M. khairul, and Winsidi. 2022. "Experiential Learning Sebagai Model Pembelajaran
Alternatif di madrasah Ibtidaiyah". 1(2):1-7.
Ananda, Hayati. 2020. Variabel Belajar. 1st Ed. Ed. Muhammad Fadhli. Medan: Cv. Pusdikra
Mj.
Arcodia, Charles, Margarida Abreu Novais, Nevenka Cavlek, And Andreas Humpe. 2019.
“Educational Tourism And Experiential Learning : Students ’ Perceptions Of Fi Eld Trips.”
(May).
Ardana, I Ketut, I Gusti Ayu, And Agung Sri. 1858. “Model Experiential Learning Berbantuan
Media Konkret Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa.” 4.
Arikunto. 2015. "Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik". Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Yani Kusuma. 2016. "Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan aktivitas mahasiswa." E-Journal- STKIP.
8(3).
Chesimet M.C., Githua B.N., & Ng'eno, J.K. 2016. "Effects of Experiential Learning Approach
On Student's Mathematical Creativity Among Secondary School Students Of Kericho East
Sub-Couty. Journal Of Education and practice. 7(23):52-53.
Chiu, Shui Kau. 2019. “Innovative Experiential Learning Experience : Pedagogical Adopting
Kolb ’ S Learning Cycle At Higher Education In Hong Kong". Cogent Education 6(1).
Doi.Org/10.1080/2331186x.2019.1644720.
Crivello, B. J., Reddy, A. A., Pazdernik, V. K., & Davis, J. M. (2020). Impact of Experiential
Learning on Dental Students ’ Training in Nitrous Oxide Inhala tion Sedation. The Voice
Of Dental Education, 1–10. https://doi.org/10. 1002/jdd.12345
Darmadi. 2017. "Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar
Siswa". Yogyakarta: Deepublish.
Fathurrohman, Muhammad. 2016. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Nur Hidayah.
Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fithriyah, Kholifatul, Muchamad Arif, And Puji Rahayu Ningsih. 2019. “Pengaruh Model
Experiential Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Simulasi Digital Di Smk Negeri 2 Bangkalan.” 6(1): 39–45.
Hidayat, Puput Wahyu and Djamilah. 2018. "Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat
Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan CTL. Phytagoras:
Jurnal Pendidikan Matematika. 13(1):63-75.
Ikhsanudin, I. 2019. "Chief editor's epilogue: toward a more creative education". JELTIM (Journal of english language teaching innovations and materials". 1(2):100-101.
Jihad, Asep, And Haris. 2012. "Evaluasi Pembelajaran". Yogyakarta: Multi Pressindo.
Jalinus, Nizwardi, et.al. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Kartika, S. Husni, H. & Millah, S. 2019. "Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana Terhadap
Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam". Jurnal penelitian
pendidikan islam. 7(1):113. DOI:10.36667/jppi.v7i1.360.
Khoiruddin, Agung. 2020. 7. Media Pembelajaran Interaktif. Sidoarjo : Nizarmia Learning
Center.
Li, H., Öchsner, A., Hall, W., Öchsner, A., & Hall, W. (2017). Application of Ex periential
Learning to Improve Student Engagement and Experience in a Mechanical Engineering
Course.
European
Journal
of
Engineering
https://doi.org/10.1080/03043797.2017.1402864
Educa
tion
ISSN:,
1–11.
Lestari, Rina. 2016. "Implementasi Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Minat
Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa". 8(31-39).
Lestari, Karunia Eka, And Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. "Penelitian pendidikan
matematika". Bandung: Refika Aditama.
Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. 05Ed. Engkus Kuswandi. Bandung: Pt. Remaja
Rosdakarya.
Man, King, And Eric Chong. 2018. “Using Experiential Learning Of Ngos To Enhance Active
Citizenship Education In School Curriculum Case Study Of Hong Kong Secondary
Schools.”
Manzilina, Farhana, Listiawati, And Rica Wijayanti. 2018. “Pengembangan Media Videoscribe
Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. 5: 185–99.
Masithoh, D. (2021). Pengaruh Praktikum Biologi Berbasis Laboratorium Virtual (OLabs)
Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Ginjal Kelas XI
di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Masse, D. F., Sumual, & Mapaliaey, D. O. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential
Learning Terhadap Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif. Jurnal Gerabox Pendidikan
Teknik Mesin, 2(2), 39–45.
Moslem, et.al. 2019. "Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dalam
mata pelajaran aircraft drawing di smk". Journal of mechanical engineering education. vol.
6. no. 2.
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran dilengkapi dengan 65 model pembelajaran. Yogyakarta
: Parama Ilmu.
Nuryadi, Astuti, Utami, Budiantara. 2017. "Dasar-dasar statistik penelitian". Yogyakarta:
Sibuku Media.
Noviani Hanum, Ayu, And Andwiani Sinarasri. 2018. “Analisis Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Adopsi E Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Umkm (Studi
Kasus Umkm Di Wilayah Kota Semarang).” 2021. 4: 71–78.
Rahayu, B. F. 2020. "Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran". Jurnal Pendidikan Dasar. 103-113. DOI:10.21009/JPD.012.02.
Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P. 2018. "Analisis kemampuan komunikasi matematik
siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Journal on
education, 1(2):334-352.
Reski Niko. 2021. "Tingkat minat belajar siswa kelas IX SMPN 11 kota Sungai Pasir". 1(11).
Rohman, Aris Abdul, Ace Iwan Suryawan, And Imam Jahrudin Priyanto. 2019. “Penerapan
Model Experiential Learning Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kreativitas
Kerajinan Tangan Peserta Didik.” 17(2): 119–26.
Sagala, Syaiful. 2018. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Setiawan, et.al. 2022. "Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Sdn 1
Gamping". 2(2). 92-109. DOI:10.55933/tjripd.v2i2.373.
Sugiyono. 2017. "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D". Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2018. "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D". Bandung: Alfabeta, CV.
’
Thomas Howard Morris. 2019. “Experiential Learning – A Systematic Review And Revision Of
Kolb
S
Model.”
Interactive
Doi.Org/10.1080/10494820.2019.1570279.
Learning
Environments:
1–14.
Triyani. 2022. "Pengembangan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe tema
pertumbuhan si hijau yang berorientasi pada literasi sains siswa SMP kelas VII". 6(11):269
277. DOI:10.33369/pendipa.6.1.269-277.
Utaya, Sugeng, Singgih Susilo, Pendidikan Geografi-Pascasarjana Universitas, And Negeri
cahaya berbasis contextual teaching and learning dengan videoscribe". 12(1):12-19.