Pengembangan permainan colorful flags run untuk menigkatkan kemampuan gerak dasar lokomotor pada siswa berkebutuhan khusus di Kota Samarinda

  • Mohammad saputro Putro Universitas Mulawarman
  • Muhamad Ramli Buhari Pendidikan Jasmani, Universitas Mulawarman
  • Naheria Naheria Pendidikan Jasmani, Universitas Mulawarman
Keywords: Permainan colorful flags run, Gerak lokomotor, Tunarungu dan Autis

Abstract

Pengembangan permainan Colorful Flags Run merupakan pengembangan permainan untuk memberikan pengalaman bagi ABK melakukan gerakan yang bervariasi dalam suatu permainan. Kemampuan gerak siswa berkebutuhan khusus sebagian besar mengalami masalah dalam keseimbangan gerak. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Permainan ini layak diterapkan disekolah dengan hasil persetujuan ahli, yang terdiri dari 2 ahli permainan dengan tingkat persetujuan : 77%. Dan 3 ahli pembelajaran dengan tingkat persetujuan: 81,33%. Hasil keaktifan dan keefektifan menunjukan siswa aktif bergerak dan permainan efektif saat diterapkan, dengan tingkat persetujuan guru 93,00% - 96,67%. Hasil penelitian menunjukan hasil gerak siswa SD Multi Talenta, dengan hasil skor pretest 42 dan postest  69, dengan peningkatan skor 27. SLB Pembina Prov. Kal-Tim, dengan hasil skor pretest 64,33 dan postest 83,66, dengan peningkatan skor 19,33. SLB Untung Tuah dengan hasil skor pretest 70,66 dan postest  87, dengan peningkatan skor 16,34. Jadi permainan ini dapat meningkatkan kemampuan gerak lokomotor bagi siswa tunarungu dan autis. Kedepanya permainan ini dapat dikembangkan lagi supaya lebih sempurna dan lebih bermanfaat luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

(1) Atmaja, Jati Rinakri. 2017, Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan khusus. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

(2) Bakhtiar, Syahrial. 2015, Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP Press.

(3) Haenudin. 2013, pendidikan anak berkebutuhan khusus tunarungu. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.

(4) Meimulyani, Yani dan Asep Tiswara. 2013, Pendidikan Jasmani Adaptif. Jakarta Timur: PT.Luxima Metro Media.

(5) Meimulyani, Yani dan Caryoto. 2013, Media Pembelajaran Adaptif. Jakarta Timur. PT. Luxima Metro Media.

(6) Melinda, Elly Sari. 2013, Pembelajaran Adaptif. Jakarta Timur: PT.Luxima Metro Media.

(7) Mubarak, Roykhan. 2016. “Efektifitas latihan gerak Lokomotor untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Siswa Tunagrahita sedang kelas 3 SD di SLB Wiyata Dharma 3 Seleman” Skripsi Serata Satu Bidang Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta.

(8) Nurhasan. 2000, Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga.

(9) Nur, Lutfi. Dkk. 2017. “Permainan Bola kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di TK PERTIWI DWP Kota Tasikmalaya” Jurnal PAUD Agopedia. Vol 1. No 1. Juni 2017. Page 53-65.

(10) Rachman, Bayu. Dkk. 2015. “Analisis Pengaruh Desain Produk dan Promosi Terhadap Kemantapan Keputusan Pembelian yang di Mediasi Oleh Cipta Merek” DIPONEGORO JURNAL OF MANAGEMENT. Vol 4. No 1. Tahun 2015. Hal 1-15.

(11) Saputra, Iwan. 2015. “ Modifikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar” Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED. Vol 14. No 2. Juli-Desember 2015. Hal 35-41.

(12) Sudarsini. 2016, Pendidikan Jasmani Adaptif. Malang: Gunung Samudra.

(13) Sugiyono. 2016, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

(14) Widiastuti. 2015, Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Published
2020-12-30
How to Cite
[1]
M. saputro Putro, Muhamad Ramli Buhari, and N. Naheria, “Pengembangan permainan colorful flags run untuk menigkatkan kemampuan gerak dasar lokomotor pada siswa berkebutuhan khusus di Kota Samarinda”, Borneo.phy.ed., vol. 1, no. 2, pp. 1 - 9, Dec. 2020.