Upaya meningkatkan hasil belajar passing dan dribbling permainan bola basket melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada peserta didik kelas xi-1 Farmasi SMK Negeri 17 Samarinda

Main Article Content

Baso Amiruddin
Muhammad Ramli Buhari
Naheria Naheria

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggoper dan menggiring bola basket pada peserta didik kelas XI-1 farmasi SMK Negeri 17 Samarinda tahun ajaran 2019/2020 menggunakan model kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan untuk tiap siklus. Subyek penelitian adalah murid kelas XI-1 farmasi SMK Negeri 17 Samarinda tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 murid, 5 siswa dan 27 siswi. Sumber data untuk penelitian berasal dari murid dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes keterampilan, pengetahuan dan juga mengamati perilaku murid sebagai penilaian pada aspek sikap. Data analisis mengunakan teknik analisis deskriptif yang berdasarkan pada analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa mengunakan model kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar passing dan dribbling bola basket pada murid dari prasiklus ke siklus satu dari siklus satu ke siklus dua. Dari analisis data yang diperoleh hasil siklus satu terjadi peningkatan hasil belajar menggoper dan menggiring bola basket yang tuntas yaitu 43,75% atau 14 murid yang tuntas. Sedangkan siklus dua peningkatan hasil belajar teknik dasar menggoper dan menggiring bola basket sebesar 100% atau 32 peserta didik yang tuntas. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation tepat dalam pembelajaran bola basket khususnya teknik dasar passing dan dribbling.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abdillah. 2015. Prinsip-prinsip belajar untuk pengajaran. Surabaya: usaha nasional
[2] Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
[3] Asep Jihad, Abdul Haris. 2013 Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi Pressindo
[4] Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
[5] Dalyono. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
[6] Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
[7] Mikanda Rahmani. 2014. Buku Super Lengap Olahraga. Jakarta : Dunia Cerdas
[8] Muhajir, Budi Sutrisno. 2014. Buku Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta. Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang, Kemdikbud.
[9] Nana Sudjana. 2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[10] Oemar Hamalik. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
[11] Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[12] Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. : Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta : Rajawali Pres.

Most read articles by the same author(s)