Persepsi kepemimpinan virtual kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru penjas orkes se-kecamatan tenggarong

  • Descha Rahmadhani Pendidikan Jasmani, FKIP Universitas Mulawarman
  • Muhammad Ramli Buhari
  • Paryadi Paryadi
Keywords: Persepsi, Kepemimpinan Virtual, Pedagogi, Penjasorkes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi kepemiminan virtual kepala sekolah terahdap kompetensi pedagogik guru penajsorkes se-kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang kaitannya dalam teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitan penelitian ini sebanyak 20 kepala sekolah. Penelitian ini melakukan pengambilan data dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian berdasarkan analisis data yang dilakukan penelitian ini, hasil analisis terkait dari tujuh indikator dari kepemimpinan virtual kepala sekolah yang terdiri atas, kepala sekolah sebagai pendidik, kepala sekolah sebagai leader, kepala sekolah sebagai manajer, kepala sekolah sebagai administrator, kepala sekolah sebagai supervisor, kepala sekolah sebagai innovator, dan kepala sekolah sebagai motivator di kecamatan Tenggarong telah dilaksanakan dengan baik terhadap kompetensi pedagogik guru penjasorkes. Penelitian ini dapat disimpulakan bahwa persepsi kepemimpinan virtual kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru penjasorkes se-kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ais, R. (2020). Komunikasi Efektif di Masa Pandemi Covid-19. Banten: Makmood Publishing.
Alnedral. (2016). Strateg Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Kencana.
E.Mulyasa. (2011). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
E.Mulyasa. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Estrada, E. (2019). Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PJOK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3, 2, 199-200.
Hs, M. H. (2018). Empat Kompetensi untuk Membangun Profesional Guru. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Rahmi, S. (2018). Kepala Sekolah dan Guru Profesional. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry.
Saputra, S. A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Kediri: CV Dhaha Pustaka.
Sarwono, S. W. (2017). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sudijono., A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuanti, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Syarif, N. (2019). Komunikasi Kontemprorer: Bisnis Islam di Era Digital. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Widiarto, D. (2016). Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru. Jurnal Ilmiah Pendiikan Jasmani, 25-30.
Published
2022-06-03
How to Cite
[1]
D. Rahmadhani, M. Ramli Buhari, and P. Paryadi, “Persepsi kepemimpinan virtual kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru penjas orkes se-kecamatan tenggarong”, Borneo.phy.ed., vol. 3, no. 1, pp. 17 - 24, Jun. 2022.

Most read articles by the same author(s)