Pengaruh model pembelajaran POGIL dengan metode praktikum terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan

Authors

  • Dini Yulia Sari Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Iis Intan Widiyowati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Ratna Kusumawardani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/bcsj.v3i2.445

Keywords:

praktikum, kognitif, Ksp, POGIL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) setelah diajar dengan model pembelajaran process-oriented guided-inquiry learning (POGIL) dengan metode praktikum. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelompok siswa SMA kelas XI jurusan IPA. Kemampuan kognitif siswa diperoleh melalui tes. Data dianalisis menggunakan uji normalitas dengan metode Chi-Square, uji homogenitas menggunakan uji F dan uji perbedaan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 75,85 dan 71,05. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pegaruh signifikan (5%) penggunaan model pembelajaran POGIL dengan metode praktikum terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Sari, D. Y. ., Widiyowati, I. I., & Kusumawardani, R. (2020). Pengaruh model pembelajaran POGIL dengan metode praktikum terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Bivalen: Chemical Studies Journal, 3(2), 33–35. https://doi.org/10.30872/bcsj.v3i2.445

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>