Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga

  • Nimas Ayu Norma Putri Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Iis Intan Widiyowati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muhammad Amir Masruhim Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: post-test only control group design, SMA, true-experimental

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah true-experimental dengan desain post-test only control group design. Pembelajaran menggunakan e-learning Schoology. Sampel adalah siswa kelas XI IPA yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Satu kelompok siswa diajar menggunakan model pembelajaran langsung (kelas kontrol) dan satu kelompok siswa diajar menggunakan model flipped classroom. Hasil belajar siswa diambil menggunakan teknik tes dari hasil post-test dan ulangan harian. Untuk mengetahui adanya pengaruh dilakukan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dan berbeda signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cabi, E. (2018). The impact of the flipped classroom model on students' academic achievement. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 19(3), 203-221. https://doi.org/10.19173/irrodl.v19i3.3482.

Citra, K., Enawaty, E., & Junanto, T. (2015). Miskonsepsi siswa kelas VII SMP Gembala Baik Pontianak tentang asam dan basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(8), 1-11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11088.

Isnaini, Masriani, & Sartika, R.P. (2015). Pemahaman konsep materi larutan penyangga menggunakan two-tier multiple choice diagnostic instrument di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12), 1-11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12639.

Marsita, R.A, Priyatmoko, S., & Kusuma, E. (2010). “Analisis kesulitan belajar kimia siswa SMA dalam memahami materi larutan penyangga dengan menggunakan two-tier multiple choice diagnostic instrument. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 512-520. https://doi.org/10.15294/jipk.v4i1.1308.

Zatalini, N. F. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran flipped classroom menggunakan e-learning Kelase terhadap hasil belajar siswa dengan memperhatikan kemampuan awal siswa. Dipublikasikan (Publication No. 24082021) [Undergraduate thesis, Universitas Negeri Makassar]. Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar.

Olakanmi, E. E. (2017). The effects of a flipped classroom model of instruction on students’ performance and attitudes towards chemistry. Journal of Science Education and Technology, 26(1), 127–137. https://link.springer.com/article/10.1007/s10956-016-9657-x.

Parastuti, W. I, Suharti, S., & Ibnu, S. (2016). Miskonsepsi siswa pada materi larutan buffer. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 1(12), 2307-2313. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8272.

Sinaga, K. (2017). Penerapan flipped classroom pada mata kuliah kimia dasar untuk meningkatkan self-regulated learning belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 1932-1944. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/10609.

Published
2021-05-31
How to Cite
Putri, N. A. N., Widiyowati, I. I., & Masruhim, M. A. (2021). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga. Bivalen: Chemical Studies Journal, 4(1), 13-16. https://doi.org/10.30872/bcsj.v4i1.721
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>