Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah true-experimental dengan desain post-test only control group design. Pembelajaran menggunakan e-learning Schoology. Sampel adalah siswa kelas XI IPA yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Satu kelompok siswa diajar menggunakan model pembelajaran langsung (kelas kontrol) dan satu kelompok siswa diajar menggunakan model flipped classroom. Hasil belajar siswa diambil menggunakan teknik tes dari hasil post-test dan ulangan harian. Untuk mengetahui adanya pengaruh dilakukan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dan berbeda signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan penyangga.
Downloads
References
Cabi, E. (2018). The impact of the flipped classroom model on students' academic achievement. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 19(3), 203-221. https://doi.org/10.19173/irrodl.v19i3.3482.
Citra, K., Enawaty, E., & Junanto, T. (2015). Miskonsepsi siswa kelas VII SMP Gembala Baik Pontianak tentang asam dan basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(8), 1-11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11088.
Isnaini, Masriani, & Sartika, R.P. (2015). Pemahaman konsep materi larutan penyangga menggunakan two-tier multiple choice diagnostic instrument di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12), 1-11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12639.
Marsita, R.A, Priyatmoko, S., & Kusuma, E. (2010). “Analisis kesulitan belajar kimia siswa SMA dalam memahami materi larutan penyangga dengan menggunakan two-tier multiple choice diagnostic instrument. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 512-520. https://doi.org/10.15294/jipk.v4i1.1308.
Zatalini, N. F. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran flipped classroom menggunakan e-learning Kelase terhadap hasil belajar siswa dengan memperhatikan kemampuan awal siswa. Dipublikasikan (Publication No. 24082021) [Undergraduate thesis, Universitas Negeri Makassar]. Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar.
Olakanmi, E. E. (2017). The effects of a flipped classroom model of instruction on students’ performance and attitudes towards chemistry. Journal of Science Education and Technology, 26(1), 127–137. https://link.springer.com/article/10.1007/s10956-016-9657-x.
Parastuti, W. I, Suharti, S., & Ibnu, S. (2016). Miskonsepsi siswa pada materi larutan buffer. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 1(12), 2307-2313. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8272.
Sinaga, K. (2017). Penerapan flipped classroom pada mata kuliah kimia dasar untuk meningkatkan self-regulated learning belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 1932-1944. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/10609.
Copyright (c) 2021 Nimas Ayu Norma Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work