Persepsi Guru Biologi Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri Kota Samarinda

Authors

  • Eka Karunia Dini Universitas Mulawarman
  • Herliani Universitas Mulawarman
  • Elsje Theodora Maasawet Universitas Mulawarman
  • Vandalita M.M. Rambitan

DOI:

https://doi.org/10.30872/jibs.v11i1.4998

Keywords:

Persepsi Guru, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Biologi, Pendidikan SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru Biologi terhadap implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, kendala yang dihadapi, dan solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah sembilan guru Biologi yang mengajar di kelas X dan XI di lima SMA Negeri di Kota Samarinda, dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru memiliki persepsi positif terhadap Kurikulum Merdeka, meskipun masih terdapat hambatan seperti kurangnya pelatihan, keterbatasan sarana pembelajaran, dan kesulitan dalam merancang modul ajar. Guru mengatasi hambatan tersebut dengan mengikuti pelatihan daring dan mengakses informasi melalui sumber online. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa meskipun Kurikulum Merdeka dinilai positif, dukungan institusional dalam bentuk pelatihan dan penyediaan fasilitas masih sangat diperlukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, R. F. 2015. Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.10(1). 189-209.

Creswell, J. W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Janah, R. (2020). Profesionalisme Guru Biologi dalam Pembelajaran Inovatif. Jurnal Biologi Edukasi, 12(1), 65–72.

Kemdikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Saleh, S. (2020). Merdeka Belajar sebagai Solusi Transformasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(3), 215–222.

Sugiyono.(2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarandak, L. (2021). Persepsi Guru dan Implikasinya terhadap Implementasi Kurikulum. Jurnal Kependidikan dan Pengajaran, 19(2), 254–260.

Wantiana, R. (2023). Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(2), 1463–1470.

Wingsi, A. (2022). Persepsi Guru Bidang Studi IPS dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri Sekecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. Skripsi. UIN Fatmawati Soekarno Fatmawati Bengkulu.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Karunia Dini, E., Herliani, Maasawet, E. T., & Rambitan, V. M. . (2025). Persepsi Guru Biologi Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri Kota Samarinda. Jurnal Ilmiah BioSmart (JIBS), 11(1). https://doi.org/10.30872/jibs.v11i1.4998

Most read articles by the same author(s)