Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Grup Whatsapp Wali Kelas MI Al-Hikmah Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat

Main Article Content

Selvia Noor Widyasari
Tri Indrahastuti
Kukuh Elyana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode simak, dokumentasi, dan kemudian disalin ke dalam kartu data. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis berdasarkan maksim-maksim kesantunan Leech yang terdiri atas maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahatian, maksim kesepakatan, dan maksim simpati, yang digunakan untuk memperoleh pematuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat beberapa anggota dalam grup whatsapp yang melakukan pematuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa dengan pematuhan kesantunan berbahasa lebih dominan dibandingkan pelanggaran kesantunan berbahasa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, saran yang dapat diberikan adalah (1) Semakin banyak penelitian-penelitian berikutnya yang melakukan kajian mengenai kesantunan berbahasa dalam berbagai bentuk komunikasi baik langsung maupun melalui sosial media, mengingat kesantunan berbahasa merupakan aspek penting dalam berkomunikasi. (2) Sebagai mahasiswa yang berpendidikan, tentu diharapkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kesantunan dan mengimplementasikannya dalam berkomunikasi. (3) Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak yang tertarik untuk mendalami kajian yang berkenaan dengan kesantunan berbahasa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Widyasari, S. N., Indrahastuti, T., & Elyana, K. (2022). Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Grup Whatsapp Wali Kelas MI Al-Hikmah Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 5(2), 73-84. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v5i2.1618
Section
Articles

References

Adiningsih, Y., Nina, & Mahdadewi, F. (2020). Kesantunan Berbahasa Siswa pada Aplikasi Whatsapp : Kajian Pragmatik. Riksa Bahasa, 3, 313–320.
Astuti, S. P. (2020). “Kesantunan Berbahasa dalam Whatsapp di Lingkungan Rukun Tetangga.” Nusa, 15(4), 546–557.
Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Rineka Cipta.
Dihni, V. A. (2021). Indonesia Pengguna WhatsApp Terbesar Ketiga di Dunia. Databoks.Katadata.Co.Id, 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/23/indonesia-pengguna-whatsapp-terbesar-ketiga-di-dunia
Marlen, L., & Atmazaki, A. (2020). Kesantunan Berbahasa Siswa dengan Guru Bahasa Indonesia melalui Media Sosial WhatsApp di SMP Negeri 2 Bukittinggi. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(4), 1. https://doi.org/10.24036/110721-019883
Rahardi, R. K. (2019). Pragmatik Konteks Intralinguistik dan konteks Ekstralinguistik (Safitriyani (ed.); I). Amara Books.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryani (ed.); 3 ed.). Alfabeta.
Suhartono. (2020). Pragmatik Konteks Indonesia (M. Fidiyanti (ed.); I). Graniti.
Sujiono. (2020). Pergeseran Budaya Kesantunan Berbahasa Mahasiswa terhadap Dosen Melalui Media Sosial Whatsapp. Maha Widya Bhuwana, 3, 139–146.
Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Pragmatik. Angkasa.
Tubi, D. M., Djunaidi, B., & Rahayu, N. (2021). “Analisis Kesantunan Bahasa Mahasiswa Dalam Pesan Whatsapp Terhadap Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.” Jurnal Ilmiah Korpus, 5(1), 26–34.
Yuliantoro, A. (2020). Analisis Pragmatik (N. Herawati (ed.); I). Unwidha Press.