Analisis Peribahasa (Pajaaq) Suku Dayak Benuaq Di Desa Intu Lingau Kecamatan Nyuatan Kabupaten Kutai Barat

Main Article Content

Noor Fitriani
Syaiful Arifin
Endang Dwi Sulistyowati

Abstract

Target pelaksanaan penelitian berikut ini ialah guna memperhatikan bagaimana peran Peribahasa adalah kalimat atau kelompok perkataan yang mempunyai susunan yang tetap dan mengiaskan maksud tertentu. Peribahasa sebagai bagian dari sastra lisan dan kajian folklor yang keberadaanya perlu dipertahankan dan dilestarikan karena mengandung nilai-nilai sastra yang tinggi. Peribahasa juga merupakan bagian dari sastra lisan Suku Dayak Benuaq yang mereka kenal sebagai Pajaaq. “Analisis Peribahasa (Pajaaq) Suku Dayak Benuaq di Desa Intu Lingau Kecamatan Nyuatan Kabupaten Kutai Barat” merupakan upaya akan kemungkinan terjadinya kepunahan peribahasa atau pajaaq Suku Dayak Benuaq sebagai salah satu bahasa dan suku asli di Kalimantan Timur. Tujuan penelitian ini untuk menggali dan mempelajari nilai-nilai budaya yang terdapat di dalam peribahasa (pajaaq) serta membukukan kebudayaan lisan Suku Dayak Benuaq di Desa Intu Lingau Kecamatan Nyuatan Kabupaten Kutai Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 35 data peribahasa (pajaaq) yang terbagi menjadi tiga bentuk yaitu 1) ungkapan 7 data, 2) pepatah 18 data, dan 3) perumpamaan 10 data tidak terdapat bentuk pameo. Lalu makna yang terdapat dalam peribahasa (pajaaq) terbagi menjadi dua yaitu, 1) makna leksikal dan 2) makna kias. Fungsi peribahasa Suku Dayak Benuaq sebagai 1) nasihat 13 data, 2) sindiran 15 data, 3) ejekan 3 data, dan 4) penyampai informasi 2 data.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitriani, N., Arifin, S., & Sulistyowati, E. D. (2022). Analisis Peribahasa (Pajaaq) Suku Dayak Benuaq Di Desa Intu Lingau Kecamatan Nyuatan Kabupaten Kutai Barat. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 5(2), 57-72. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v5i2.1617
Section
Articles

References

Abdul, Chaer. 2013. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Danandjaja, James. 1991. Folklor Indonesia. Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: PT. Temprint.
Endraswara, Suwandi. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Ombak
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Padeta, M. 2001. Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Taum, Yoseph Yapi. 1997. Pengantar Teori Sastra. Bogor: Nusa Indah.
Teeuw, A. 1998. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
Widjono, AMZ & Roedy Haryo. 1998. Masyarakat Dayak Menatap Hari Esok. Jakarta: Grasindo.
Akbar, A. 2020. Analisis Makna Peribahasa Dalam Bahasa Konjho Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Bahasa dan Sastra. Vol 5 No. 1.
Lubis, I., & Fatimah, M. 2020. Fungsi Ungkapan Tradisional Pada Peribahasa Kutai. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), Vol 8 No. 2, 191-202.