Sosiolinguistik pada Proses Kegiatan Belajar Mengajar dalam Materi Cerita Pendek Melalui Skema Komunikatif

Main Article Content

Ganes Tegar Derana
Endang Waryanti
Moch. Muarifin
Alifarose Syahda Zahra
Agung Dwi Darmawan

Abstract

Target pelaksanaan penelitian berikut ini ialah guna memperhatikan bagaimana peran sosiolinguistik pada kegiatan belajar mengajar di dalam materi cerpen dengan menggunakan skema komunikatif yang diterapkan di kelas XI SMAN 7 Kediri. Metodologi yang diterapkan pada penelitian berikut yakni deskriptif kualitatif. Sumber pemerolehan data pada penelitian berikut ialah proses pemerolehan materi cerpen melalui skema komunikatif. Pada proses pengumpulan data teknik yang dipakai ialah observasi serta wawancara dengan guru dan siswa, hal tersebut dilakukan mengingat keterbatasan akses dan ruang gerak pasca masa pandemi saat ini. Adapun hasil yang diperoleh ialah dalam kegiatan belajar mengajar pada materi cerpen, kelas XI baik MIPA dan IPS, SMAN 7 Kediri dapat diaplikasikan melalui skema komunikatif dengan baik. Kegiatan belajar mengajar tersebut diawali dari apersepsi, inti, serta penutup yang kesemua tahapan tersebut merujuk pada prinsip skema komunikatif. Pada pembelajaran dengan skema komunikatif tersebut juga terdapat adanya peranan sosiolinguistik di dalamnya, dimulai pada proses pembuatan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, sampai pengaplikasian bahasa pada proses kegiatan belajar mengajar. Dari berbagai ulasan dan proses penelitian dapat ditarik kesimpuan bahwa pada pembelajaran cerpen memiliki kontribusi kajian sosiolinguistik dalam menerapkan skema komunikatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Derana, G. T., Waryanti, E., Muarifin, M., Zahra, A. S., & Darmawan, A. D. (2022). Sosiolinguistik pada Proses Kegiatan Belajar Mengajar dalam Materi Cerita Pendek Melalui Skema Komunikatif. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 5(2), 32-40. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v5i2.1614
Section
Articles

References

Abdul Chaer dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta
Aprima, R., Abdurahman, A., & Arief, E. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas Vii SMA Negeri 16 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa.
Asiah, A. (2015). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di Kelas Iv Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 21–35.
Aswat, H., Fitriani, B., Onde, M. K. L. O., Sari, E. R., & Yansen, W. D. (2022). Analisis Iklim Dan Budaya Sekolah Di Masa New Normal Terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal Po-5 Sejak Dini. Jurnal Basicedu, 6(1), 287–297.
Darojah, R. (2021). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Integrasi Budaya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3748–3757.
Dewi, H. G., Suwignyo, H., & Maryaeni, M. (2018). Bahan Ajar Menulis Teks Cerpen Bermuatan Nilai Kehidupan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(8), 1032–1038.
Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2022). Analisis Profesionalisme Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462.
Jazeri, M. (2016). Model Perangkat Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Pendekatan Komunikatif Kontekstual Bagi Mahasiswa Asing. Litera, 15(2), 217–226.
Lisnawati. (2020). Penerapan Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendekatan Komunikatif Dalam Teks Prosedur Siswa Kelas Vii SMA Methodist Pantai Labu. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 4(1), 260–270.
Mayasari, D., & Irwansyah, I. (2020). Peran Sosiolinguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 189–199.
Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Muklis, M. (2011). Pengajaran Bahasa Dalam Perspektif Sosiolinguistik. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, 11(1), 1–12.
Muradi, A. (2014). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1), 29–48.
Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada.
Paramita, N. P. (2017). Implementasi Pendekatan Sosiolinguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. AlManar, 6(2), 163–191.
Parera, J. D. (1986). Linguistik Edukasional: Pendekatan Konsep Dan Teori Pengajaran Bahasa. Jakarta: Erlangga.
Ramadhani, P., & Syahrul, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMA Negeri 31 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 66–73.
Rokhman, F. (2013). Sosiolinguistik: Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa Dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sagita, K. M. (2019). Pengembangan Sosiolinguistik Dalam Pengajaran Bahasa (Secara Teoritis Dan Penerapan) Bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa. Jurnal Sains Riset, 9(2), 49–57.
Sefriani. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 58–65.
Suyitno, S. (2022). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 58–65.
Yuliati, A. (2016). Penerapan Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Wahana Pedagogika, 2(1), 29–34.