Pembelajaran Transformasi Geometri Pada Siswa Kelas XI Dengan Pendekatan Etnomatematika

Authors

  • Ika Dewi Sari Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Balikpapan, Balikpapan, Kalimantan Timur

Keywords:

Transformasi Geometri, Komposisi Transformasi Geometri, Etnomatematika, Pameran

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang bertujuan memudahkan kehidupan manusia, sehingga ada banyak penerapan konsep matematika  dalam kehidupan sehari-hari. Hampir setiap profesi melibatkan penerapan konsep matematika baik secara langsung maupun tidak langsung, salah satunya pembatik. Dalam membuat batik, pola-polanya melibatkan translasi, refleksi, rotasi, dilatasi, dan gabungan beberapa transformasi (komposisi transformasi geometri). Penerapan konsep matematika dalam budaya masyarakat dikenal sebagai etnomatematika. Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian terdahulu yang dilakukan oleh penulis. Penelitian ini membahas penerapan pembelajaran transformasi geometri dengan pendekatan etnomatematika. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode pameran, dimana terlebih dahulu siswa dikenalkan dengan etnomatematika khususnya pada batik dengan memaparkan hasil penelitian terdahulu sehingga siswa mendapat gambaran tentang penerapan transformasi geometri dalam pola batik. Selanjutnya siswa akan berkelompok untuk membuat karya terkait etnomatematika dan transformasi geometri. Hasil karya ini kemudian dipamerkan dan dianalisis. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran kepada siswa tentang penerapan konsep matematika sehingga siswa menyadari penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Hasil kunjungan dari 74 siswa diperoleh data jenis karya yang dikunjungi berupa 8 video, 41 artikel, dan 23 pola batik. Dari karya-karya tersebut menampilkan translasi ada 66, refleksi ada 65, rotasi ada 60, dilatasi ada 58, dan komposisi transformasi geometri ada 2. Kesesuaian pemilihan objek etnik dengan materi matematika khususnya transformasi geometri ada 55, sedangkan yang tidak sesuai ada 6. Penjelasan yang rinci ada 30, dan yang tidak rinci ada 11. Berbagai kesan yang diperoleh siswa yaitu amazing, keren, luar biasa, seru, sangat amat bagus, inspiratif, kreatif, sistematis, menarik, dan informatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D'Ambrosio. (1999). Literacy, Matheracy, and Technoracy: A Trivium for Today. Mathematical Thinking and Learning. 1(2). 131 – 153.

Hikmatul Maula, Lia., Yulinasari, N., Salsabila, L., & Maulidina, N. (2023). Implementasi Etnomatematika Sebagai Cara untuk Menghubungkan Matematika dengan Kehidupan Sehari-hari. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 462–472. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1340

Niken Sulfayanti, Tian Abdul Aziz, & Lukman El Hakim. (2022). Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Terhadap Karakter Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12 (4), 1167 – 1174. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.773

Nirma Ilmiyah, Nike Handayani, Hanifah, & Santika Lya Diah Pramesti. (2021). Studi Praktek Pendekatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 1, 117–200. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/258

Noor Shofiyati, S.Pd. (2020). Geometri Berbasis Etnomatematika sebagai Inovasi Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah untuk Membentuk Karakter Islami. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1 (1), 43 – 56. https://jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/181

Rosida, Vivi., Taqwa, Muhammad.,Komaruddin, Rahmat. (2018). Efektifitas Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 97 – 107. http://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/histogram/index

Saefudin, A & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sari, I. D. (2023). Eksplorasi Batik Saho Balikpapan Pada Materi Transformasi Geometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 192–203. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2484

Sukmadinata, N. S. (2013). Penerapan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya

Toha, A. M., Septi, A. D.,Astuti, W., Bisri, M.. (2023). Etnomatematika Batik Kawung Solo Sebagai Media Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis STEM. SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1 (1)

Yudhi, Prima & Septiani, Fajria. (2024). Pembelajaran dengan Etnomatematika dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Abstrak. Inovasi Pendidikan, 11 (2), 59 – 64.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Sari, I. D. (2025). Pembelajaran Transformasi Geometri Pada Siswa Kelas XI Dengan Pendekatan Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 5, 79–87. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/5530