Eksplorasi Batik Saho Balikpapan Pada Materi Transformasi Geometri

  • Ika Dewi Sari Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Balikpapan, Kalimantan Timur
Keywords: Eksplorasi, Etnomatematika, Transformasi Geometri, Batik Soho

Abstract

Matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang menjadi momok bagi siswa. Salah satu alasannya karena siswa merasa matematika tidak terkait dengan kehidupan sehari-hari. Padahal matematika telah diterapkan sejak lama dalam kebudayaan. Keterkaitan antara budaya masyarakat dan matematika dikenal dengan istilah etnomatematika. Salah satu budaya Indonesia yang erat kaitannya dengan matematika adalah batik. Dalam batik, terdapat pola-pola yang simetris dan berulang, sesuai dengan transformasi geometri. Subjek pada penelitian ini adalah motif Batik Saho Balikpapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi transformasi geometri pada motif Batik Saho. Objek penelitian ini adalah transformasi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber data penelitian adalah pemilik, pengelola, dan pengrajin Batik Saho. Instrumen penelitian adalah peneliti sebagai instrumen utama, sedangkan panduan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai instrumen pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan dari tujuh motif batik yang diobservasi, mampu memberikan contoh untuk empat macam transformasi geometri, yaitu  translasi (pergeseran) ada 4 atau 44%, refleksi (pencerminan) ada 3 atau 33%, rotasi (perputaran) ada 1 atau 11%, dan dilatasi (perbesaran/pengecilan) ada 1 atau 11%. Penelitian ini memberikan contoh pemanfaatan matematika dalam kebudayaan masyarakat sehingga siswa mendapat gambaran bahwa matematika itu dekat dengan kehidupan kita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afni, Vina Rohmatul. (2021). Eksplorasi Transformasi Geometri Pada Motif Batik Blimbing Malang. http://etheses.uim-malang.ac.id/48605/
Firdaussa, Tasya Shiffa., Nurasih, Nining., Anita., Purwaningsih, Zeny., Nisa, Khoirotun., Kusuma, Jaka Wijaya. (2021). Etnomatematika Batik Khas Banten, Nilai Filosofis dan Materi Transformasi Geometri Bagi Siswa SMA. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika. 1(2): 169-178
Hadi, Sutarto.(2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Haeruddin, H., Muhtadin, A., & Yahya, M. H. N. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Transformasi Geometri Translasi pada Motif Kerajinan Manik-Manik Suku Dayak Kenyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(1), 22-29. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i1.5587
Kurniawan, Saputra, Y. W., & Hidayah, F. N. (2023). Numerasi Batu Bertulis Yupa Kerajaan Martaputra di Kutai-Kalimantan Timur. Samarinda: RV Pustaka Horizon.
Herawati, Ika., Putra, Fredi Ganda., Masykur, Rubhan., & Anwar, Chairul. (2020). Pocket Book Digital Berbasis Etnomatematika Sebagai Bahan Ajar Sekolah Menengah Pertama. Journal of Mathematics Education and Science. 3(1):29-37
Irawan, Ari., Lestari, Mei., & Rahayu, Wanti. (2022). Konsep Etnomatematika Batik Tradisional Jawa sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 12(1): 39-45
Leo, Susanto. (2013). Kiat Jitu Menulis Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Erlangga
Mulyani, Eva., & Natalliasari, Ike. (2020). Eksplorasi Etnomatematik Batik Sukapura. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika. 9(1). https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv9n1_12
Muhtadin, A., Rizki, N. A., & Fendiyanto, P. (2023). PENDAMPINGAN MENDESAIN SOAL LITERASI MATEMATIKA MODEL PISA DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA (KONTEKS SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT KUTAI). Al-Khidmat, 6(1), 18-25.
Ruseffendi, H.E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sudirman., Rosyadi., & Lestari, Wiwit Damayanti. (2017). Penggunaan Etnomatematika Pada Karya Seni Batik Indramayu Dalam Pembelajaran Geometri Transformasi. Pedagogy. 2(1): 75-85
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya
Walle, J. A. V. (2007). Elementary and Middle School Mathematics, Sixth Edition. (Suyono, Trans). Jakarta: Erlangga
Yolanda, Feni Okti., & Putra, Aan. (2022). Systematic Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik. Prima Magistra Jurnal Ilmiah Kependidikan. 3(2). https://doi.org/10.37478/jpm.v312.1533
Zeidner, M. (1998). Test Anxiety: The State of The Art. New York: Springer
Published
2023-07-30
How to Cite
Sari, I. D. (2023). Eksplorasi Batik Saho Balikpapan Pada Materi Transformasi Geometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 192 - 203. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2484