Analisis kemampuan menyelesaikan soal matematika tipe higher order thingking skill (HOTS) siswa kelas VIII

Analysis of eighth grade students’ ability to solve higher order thinking skill (HOTS) mathematics problems

  • Maria K. Cici Universitas Mulawarman
  • Ariantje Dimpudus Universitas Mulawarman
  • Jefferson R. Watulingas Universitas Mulawarman
Keywords: kemampuan, menyelesaikan soal tipe HOTS, Pythagoras

Abstract

Kerangka kerja pembelajaran abad 21 tampak bahwa kurikulum menjadi salah satu fundamen penting dalam menentukan. Salah satu aspek penyempurnaan kurikulum 2013 yaitu pada standar penilaian memberi ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Namun pada penerapannya para guru khususnya mata pelajaran matematika sangat jarang memberikan soal tipe HOTS kepada siswa dikarenakan harus mengejar materi pembelajaran dengan waktu yang telah disesuaikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal matematika tipe HOTS siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes dan wawancara. Data dianalisis dengan cara mereduksi, menampilkan, dan menyimpulkan data. Kemudian dilakukan pemeriksaan keabsahan data (triangulasi) menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menyelesaikan soal matematika tipe HOTS siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Samarinda pada materi Teorema Pythagoras tergolong dalam kategori kemampuan kurang. Diperoleh faktor penyebab hal tersebut adalah siswa hanya berorientasi pada rumus umum teorema Pythagoras tanpa pemahaman yang benar, keliru dalam menafsirkan gambar pada soal dan siswa belum terbiasa mengerjakan soal tipe HOTS atau soal yang tidak rutin dari hanya sekedar soal yang membutuhkan kemampuan mengingat (C1), memahami (C2) dan mengaplikasikan (C3).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W dan Krathwohl, D, R.
(2010). Kerangka Landasan untuk
Pembelajaran, Pengajaran, dan
Asesmen Revisi taksonomi Pendidikan
Bloom (A. Prihantoro (ed.)). Pustaka
Pelajar.
Budiarta, K., Harahap, M. H., Faisal, &
Mailani, E. (2018). Potret
implementasi pembelajaran berbasis
high order thinking skills (HOTS) di
Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal
Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102–
111.http://ejpp.balitbang.pemkomedan
.go.id/index.php/JPP
Gais, Zakkina dan Afriansyah, E. A.
(2018). Aalisis Kemampuan
Pemahaman Matematis Siswa SMP
Mosharafa : Jurnal Pendidikan
Matematika Mosharafa : Jurnal
Pendidikan Matematika. Pendidikan
Matematika, 7, 251–262.
Hendriana, Heris dan Soemarmo, U.
(2017). Penilaian Pembelajaran
Matematika. PT. Refika Aditama.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik
(Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik
Berdasarkan Kurikulum 2013). PT
Raja Grafindo Persada.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A.
(2016). Kemampuan berpikir tingkat
tinggi siswa SMP di Kabupaten
Jember dalam menyelesaikan soal
berstandar PISA. Jurnal Penelitian
Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–
155.https://doi.org/10.21831/pep.v20i2
.8058
Moleong J. Lexi. (2013). Metodologi
Penelitian Kualitatif (Revisi). PT.
Remaja Rosdakarya.
Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E.
(2016). Trigonometri Berbasis
Masalah Di Sma Negeri 18
Palembang. Jurnal Gantang
Pendidikan Matematika FKIP -
UMRAH, 1(1), 31–40.
https://media.neliti.com/media/publica
tions/261260-kemampuan-berpikirtingkat-tinggi-siswa-06cbddac.pdf
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S.
(2020). Kemampuan Berpikir Tingkat
Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal
HOTS Mata Pelajaran Matematika.
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2),
257.https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.
25336
Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., &
Bestary, R. (2019). Implementasi
11 | P a g e
Program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan Guru melalui
Peningkatan Kompetensi
Pembelajaran Berbasis Zonasi.
Pedagogika, 10(2), 84–94.
https://doi.org/10.37411/pedagogika.v
10i2.60
Tohir, M. dkk. (2017). Matematika Buku
Guru Kelas VIII Kurikulum 2013
(Revisi 201). Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Tri Nuragni, W. (2018). Analisis
Kemampuan Siswa dalam
Menyelesaikan Soal Matematika Tipe
High Order Thinking pada Pokok
Bahasan pola Bilangan Di kalangan
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5
Yogyakarta [Sanata Dharma].
http://repository.usd.ac.id/33032/2/141
414060_full.pdf
Published
2021-12-17