PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MULAWARMAN)

Authors

  • Dhila Nur Aprilianti Universitas Mulawarman
  • Ilham Abu Universitas Mulawarman
  • Riyo Riyadi Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/prospek.v6i2.4021

Keywords:

Online customer review, Keputusan Pembelian

Abstract

Online customer review dianggap merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian di Marketplace Shopee. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 74 mahasiswa dari Pendidikan ekonomi angkatan 2021. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan uji asumsi klasik sebagai uji prasyarat yang diolah menggunakan aplikasi SPSS.. Berdasarkan hasil peneliti diketahui bahwa nilai signifikan (0,000) < α (0,05), dan nilai thitung sebesar (23.339) > ttabel (1.29310) maka secara parsial berpengaruh signifikan. Dari hasil pengujian dan analisis tersebut dapat diinterpretasikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yaitu online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Online customer review, Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia dkk - Analisis Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Kecantikan. (n.d.).
Anggraini, F. P., Srihandayani, C. M., Pgri, U., & Surabaya, A. B. (n.d.). PENGARUH MEREK, KEPERCAYAAN, DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK EMINA PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIPA SURABAYA.
Berlianda, S. (n.d.). EFEKTIFITAS MARKETPLACE DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI.
Carla Tousalwa - Variabel Penentu Keputusan Pembelian Minyak Kayu Putih Cap MP di Kota Ambon. (n.d.).
Celebrity, P., Hamidah, E., Terhadap, R., Pembelian, K., Online, P., Zahra, R. R., & Rina, N. (n.d.). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER HAMIDAH RACHMAYANTI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE SHOP MAYOUTFIT DI KOTA BANDUNG. In JURNAL LONTAR (Vol. 6).
Dewi dan Anisa Permata Pengaruh Harga dan Online Consumer Reviews Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kategori Fashion di Shopee” Studi Kasus Pada Mahasiswai Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. (n.d.).
Dzulqarnain, O. I. (n.d.). PENGARUH FITUR ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE SKRIPSI Diajukan guna memenuhi salah satu persyaratan dalam mendapatkan gelar Strata Satu (S1) Ilmu Administrasi Bisnis.
Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta Moh Rifqi Khairul Umam, F., & Kurnia Prastiwi, S. (2017). Zakky Fahma Auliya a ARTICLES INFORMATION ABSTRACT EBBANK (Vol. 8, Issue 1).
Evita Sari - Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Padaa Marketplace Shopee. (n.d.).
Fahmi Hakim, F. (n.d.). Pengaruh Motif Rasional dan Motif Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sepak Bola Specs di Keanggotaan Persis Solo.
Farki dkk - Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. (n.d.).
Haniscara, Saino - Pengaruh Online Customer Review dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Marketplace Shopee dengan Minat Beli SebagaI Variabel Intervening Studi Pada Generasi Muda Surabaya. (n.d.).
Kamisa, N. ’, Devita P, A., & Novita, D. (2022). Title of the article. In JEB. Journal of Economic and Business Research (Vol. 2, Issue 1). http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEB
Kurniadi - Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. (n.d.).
Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538
Natasya Putri Andini dkk - Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian. (n.d.).
Nugrahani Ardianti, A. (n.d.). Studi pada Mahasiswa Aktif FISIP Undip. http://teknonisme.com
Ramadhana, R., Fraick, M., & Ratumbuysang, N. G. (n.d.). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Influence Of Online Customer Review On Purchase Decisions On The Marketplace.
Ramadhani, T., Budimansyah, B., & Sanjaya, Vi. F. (2021). PENGARUH RATING DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI PEMEDIASI PADA MARKETPLACESHOPEE DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 143–162. https://doi.org/10.24042/revenue.v2i2.9623
Rosdiana, E. (n.d.). PENGARUH HARGA, KEANEKARAGAMAN PRODUK, DAN MINAT BELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ONLINE SHOPEE. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Shopee
Setyawati, K. E., & Farradia, Y. (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Vario (Studi Kasus Pada Cv Kirana Motorindo Jaya). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen. Jurnal Online Mahasiswa (JOM).
Fajar Bekti Lestari. (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace di Kota Tegal. (n.d.).
Sugiyono. (2013). metode penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif.
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. . Pustaka Baru Press.
Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. PUSTAKABARUPRESS.
Suryani, M., Adawiyah, N. N., & Beliya, E. (2022). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 1(1), 49–74. https://doi.org/10.55927
Wijaya ABA BSI Jakarta Jl Salemba Tengah No, D. (2017). Pengaruh Motivasi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian: Vol. XV (Issue 2).
https://deepublishstore.com/definisi-operasional/ (Dikutip tanggal 20 Januari 2023)

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Dhila Nur Aprilianti, Abu, I., & Riyadi, R. (2024). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MULAWARMAN). Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 6(2), 78–85. https://doi.org/10.30872/prospek.v6i2.4021

Issue

Section

Articles