PERAN GANDA PEREMPUAN MELALUI INSTITUSI KELINGAN DALAM PENANGANAN COVID-19 DI KAMPUNG ENAM KOTA TARAKAN

  • Mutiara Majida Anisa Fatma Pertamina EP Tarakan Field – Communication, Relation, and CID
  • Fajar Sidiq Abdul Mutholib LPPM Enviro Strategic Indonesia
Keywords: COVID-19, Kesetaraan Gender, Peran Ganda

Abstract

COVID-19 telah memaksa dunia untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru serta telah mempengaruhi perubahan struktur sosial dan ekonomi masyarakat secara luas. Salah satu perubahan tersebut adalah terkait bagaimana perempuan mendefinisikan kembali perannya di sektor publik. Kelompok KELINGAN merupakan institusi berbasis perempuan yang berdiri sebagai respon penanganan COVID-19 di Kampung Enam, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana peran ganda perempuan melalui institusi KELINGAN dalam penanganan COVID-19 di Kampung Enam. Dalam menjalankan peran publiknya, perempuan anggota KELINGAN memainkan peran politik dan peran ekonomi. Peran politik berkaitan dengan bagaimana kuatnya KELINGAN dalam mempengaruhi kebijakan penanganan COVID-19 melalui kemitraan dengan Satgas Penanganan COVID-19. Sedangkan, peran ekonomi berkaitan bagaimana aktivitas produksi jamu dan pengelolaan pekarangan sehat mampu menciptakan alternatif pemasukan. Meskipun menjalankan peran publik, perempuan anggota KELINGAN tetap menjalankan peran domestik. Peran domestik perempuan anggota KELINGAN mencakup peran edukator dan peran ketahanan keluarga. Peran edukator mencakup peran perempuan sebagai pemberi edukasi protokol kesehatan dan pencegahan COVID-19 di keluarga. Sedangkan, peran ketahanan keluarga mencakup peran perempuan menjaga asupan gizi keluarga melalui aktivitas produksi jamu dan pemeliharaan pekarangan sehat. Peran ganda perempuan yang dijalankan oleh anggota KELINGAN dapat berjalan dengan baik karena adanya domestikasi isu dan keseimbangan peran publik dan peran domestik yang dijalankan oleh perempuan anggota KELINGAN.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdiah, Indah. (2013). Peran-peran Perempuan dalam Masyarakat. Jurnal Academica Fisip Untad, 5(2), 1085-1092.
Ismail, Zulkifli, dkk. (2020). Kesetaraan Gender Ditinjau dari Sudut Pandang Normatif dan Sosiologis. Jurnal SASI, 26 (2), 154-161.
Miles, Matthew B. dan Huberman, A. Michael. (2009). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.
Mustangin. 2020. Local Resources Based Empowerment Through Non-Formal Education for Women Communities in Kampung Babakan Cianjur. 1st International Conference on Lifelong Learning and Education for Sustainability (ICLLES 2019). Vol. 405. Hal. 107-111
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Supartiningsih. (2003). Peran Ganda Perempuan, Sebuah Analisis Filosofis Kritis. Jurnal Filsafat UGM, 33(1), 42-54.
Susilowati, Ida & Hakiem, Fadhlan Nur. (2020). Optimalisasi Peran Perempuan sebagai Strategi Alternatif Kebijakan Publik dalam Menekan Penyebaran Pandemi COVID-19. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i FSIH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 7(8), 723-726.
Wibowo, Dwi Edi. (2011). Peran Ganda Perempuan dan Kesetaraan Gender. Jurnal Muwazah, 3(1), 356-364
Published
2021-12-31
Section
Articles