PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PESERTA PELATIHAN TATA RIAS PENGANTIN DI LEMBAGA KURSUS PELATIHAN (LKP) VIVI KOTA SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) perencanaan pembelajaran pelatihan tata rias pengantin (2) pelaksanaan pembelajajan pelatihan tata rias pengantin (3) evaluasi pembelajaran pelatihan tata rias pengantin. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, peneliti bermaksud mendeskripsikan, menguraikan dan menggambarkan pelaksanaan pelatihan tata rias pengantin di LKP VIVI. Data dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pelatihan tata rias pengantin di LKP VIVI Kota Samarinda. Sumber data penelitian ini adalah 3 orang warga belajar, 3 tutor dan 1 penyelenggara LKP VIVI. Teknik pengumpulan data menggunakan wawncara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data (penyajian data), dan verification (pengambilan kesimpulan). Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran diawali dengan rekrutmen penyaringan data sesuai kriteria dan persyaratan, kemudian menyusun kurikulum dan bahan ajaran (2) Pelatihan tata rias pengantin dilaksanakan setiap hari senin s/d jumat pukul 13.00 – 17.00.
Downloads
References
Chasanah, N & Supriani, A. (2016). Penerapan Metode Praktik untuk Meningkatkan
Kemampuan Melaksanakan Promosi Kesehatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan. 2 (1): 1 – 5
Ernawati & Mulyono, S. E. 2017. Manajemen Pembelajaran Program Paket C di PKBM Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education. 3 (1): 60 - 71
Hidayat, D. 2016. Strategi Pembelajaran Partisipatif dalam Meningkatkan Hasil Program Pendidikan Nonformal Di Kabupaten Karawang. Journal of Nonformal Education. 2 (1): 13 – 20
Kamil, M. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Karim, A. 2017. Efektivitas Partisipasi Perempuan Pada Pendidikan Non Formal di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. 11 (1): 119 - 140
Monika, D. R. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Kursus Menjahit Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Nanie Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan, dan Pemberdayaan Masyarakat. 1 (1): 24 – 28
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta