KOMUNIKASI POLITIK PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (PKB) SULAWESI SELATAN DALAM MENGHADAPI PEMILIH MILENIAL PADA PEMILU 2024

  • M Nasrun Nur Universitas Fajar
  • Syamsu Rizal Universitas Fajar
  • Muh Akbar Universitas Fajar
Keywords: PKB, Komunikasi Politik, Milenial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi politik partai kebangkitan bangsa (PKB) Sulawesi Selatan dalam menghadapi pemilih milenial pada pemilu 2024. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data dengan 0bservasi, wawancara dan studi dokumentasi. Tehnik analisis data dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Tehnik keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan komunikasi politik oleh PKB Sulsel untuk merebut hati Pemilih Milenial dalam Pemilu 2024 di antaranya, menggunakan berbagai platform media sosial, mengangkat isu-isu yang relevan, dan mengembangkan komunikasi yang tepat sesuai preferensi dan karakteristik pemilih milenial sehingga mereka memahami visi misi PKB Sulsel dan para calon legislatif dari partai PKB.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, M. P., & Jerry, I. (2020). Hambatan dan Tantangan Partai Politik : Persiapan Menuju Pemilihan Umum 2024. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta.
Alfian, M. A. (2009). Menjadi Pemimpin Politik. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Arrianie, L. (2010). Komunikasi Politik: Politisasi dan Pencitraan di Panggung Politik. Bandung: Widya Padjadjaran.
Arrianie, L. (2018). Komunikasi Politik: Politisi dan Pencitraan di Panggung Politik. Bandung: Widya Padjadjaran.
Arrianie, L. (2020). Teori, Model, Perpektif, dan Media Komunikasi Politik. Bandung. Kompas Penerbit Buku.
Anwar, S. (2013). Eksistensi Partai Kebangkitan Bangsa dalam Komunitas Nahdlatul Ulama di Kabupaten Madiun. Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Desvian, B. (2019). Pemilu dan Tantangan Era Milenial. Jurnal Demokrasi: Kesbangpol DKI Jakarta.
Femelia, Y. (2017). Meningkatkan Kualitas Berpolitik (Study pada DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kota Bandar Lampung. Tesis. Bandar Lampung: UNRI.
Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Jamil, F. (2016). Strategi Komunikasi Politik Pilkada Gowa 2015. Studi Kasus Kemenangan Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo S.H dan H. Abdul Rauf Malaganni, S.Sos., M.Si. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin.
Kartono., & Kartini. (2010). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kulsum, U. (2013). Dinamika Politik PKB (Studi tentang konflik internal 1999-2004). Skripsi. Jember: Universitas Jember.
Lemon., &, Andrew, Y. (2018). Reputational Concerns in Political Agency Models. Disertasi. Connecticut: Yale University.
McNair, B. (2003). An Introduction to Political Communication, 3rd ed. London: Routledge.

Medlin., & Allison, K. (2008). Bargain Theater: A Dramaturgical Analysis of a Flea Market. Tesis. Auburn: Auburn University.
Mulyana, D. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nimmo, D. (1989). Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan dan Media (saduran dari Political Communication and Public Opinion in America). Bandung: Penerbit Remadja Karya.
Nimmo, D. (2006). Komunikasi Politik: Khalayak dan Efek. Bandung: Rosdakarya.
Nurfadila. (2023). Strategi Komunikasi Politik Pasangan AIM-Natsir Rahmat Dengan Jargon "Polman Jago." Tesis. Makassar: Universitas Fajar.
Rivani, F. (2013). Komuniasi Politik Sosiokultural Studi Dinamika Politik PKB Pada Pemilu 2009. Tesis. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Rusmarina, D., Nevy., & Ahmad, S. (2020). Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam Menjawab Tantangan Multikultural di Indonesia: Studi Kasus Papua. Jurnal. Kudus: IAIN Kudus.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zuhro, R., & Siti. (2009). Peran Aktor Dalam Demokratisasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Published
2024-06-13
Section
Articles