STRATEGI HERALD SULSEL DALAM MENANGKAL INFORMASI HOAX DI ERA DISRUPSI MEDIA

  • Ramah Praeska
  • Nur Alim Djalil
  • Muhammad Asdar
Keywords: Strategi Herald, Hoax, Disrupsi Media

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Herald Sulsel Dalam Menangkal Informasi Hoax di Era Disrupsi Media dilakukan dengan beberapa strategi, yakni Verifikasi Fakta (Fact-Checking), Pendidikan Kode Jurnalistik, Transparansi Sumber, Respons Cepat, Hukum dan Sanksi, serta Monitoring Media Sosial. Hasil dari pelaksanaan strategi Herald Sulsel sebagai media online membawa dampak positif.  Perlu diingat bahwa tidak ada solusi tunggal untuk menangkal hoax di era disrupsi media. Diperlukan upaya bersama dari pihak-pihak terkait, termasuk media online, pemerintah, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan media yang lebih aman dan dapat dipercaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrew, F, S. 2015. Manajemen Media. Refika. Aditama. Bandung.
Ardianto, Komala, Dkk. 2017. Komunikasi Massa. Pustaka Pelajar Yogyakarta.
Cangara, Hafied. 2017. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Rajawali Pers: Jakarta.
Erniwati. 2022. Disrupsi Media Baru Terhadap Media Arus Utama, (Studi Tentang Surat Kabar Harian Fajar dan Tribun Timur di Kota Makassar. Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.
Juditha, C. 2018. Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation (Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya). Journal Pokemmas Vol. 3 No.1.
Junaedi. 2017. Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan. Bumi Aksara. Jakarta.
Leah, A, L & Sonia, L. 2006. The Handbook Of New Media. Sage Publication: London.
Majid, A. 2019. Fenomena Penyebaran Hoax dan Literasi Bermedia Sosial Lembaga Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia. Open Jurnal Sysistems. Vol.7 No.2.
Mardiani, M, N, A. 2012. Manajemen Redaksi Tabloid Mingguan Studi Newsroom Pada Redaksi Koran Pendidikan Malang.
Mc, Q, D. 2014. Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika. Jakarta
Mondry. 2008. Pemahaman Teori Dan Praktek Jurnalistik. Ghalia Indonesia: Bogor.
Morissan. 2009. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana.
Morissan. 2015. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.
Nurudin. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers: Raja Grafindo Persada.
Oliver, S. 2007. Strategi Public Relations. Erlangga: Jakarta.
Rahmadhany, Annisa, dkk. 2021. “Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate Speech pada Media Sosial,” Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis, 3 (1).
Rahmitasari, Diyah, H. 2017. Manajemen Media di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. ,Yogyakarta.
Rieka, M. 2018. Etika Berkomunikasi di Media Online dalam Menangkal hoax. Jurnal Diakom. Vol. 1 No. 2.
Sambo, Masriadi & Yusuf, J. 2017. Pengantar Jurnalisme Multiplatform. Depok: Prenadamedia Group.
Santana, Septiawan. 2005. Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Buku Obor.
Setyani, Novia, I. 2013. Berita Politik di Internet, Fisipol UGM: Yogyakarta.
Suhandang, Kustadi. 2004. Pengantar Jurnalistik Seputar Organisasi, Produk dan Kode Etik. Bandung: Nuansa.
Suf, K. 2019. Penerapan Kode Etik Jurnalistik Islami di Era Milenial. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Vol. 7 No. 2.
Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Medpress. Yogyakarta
Van Dijk. 2006. The Network Society: Social Aspects of New Media. SAGE.
Wardhani, Kusuma, O, S. 2018. Peranan Jurnalisme Sastra Harian Radar Malang Newsroom Study Pada Produksi Rubrik “Nganal Kodew”. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMM.
Wikipedia. 1956. The Primary Law Nationality of The Republic of Ireland is The Irish Nationality and Citizenship Act 1956, Which Came Into Force on 17 July 1956
Winarni. 2003. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. UMM Press. Malang.
Widyastika, A, M. 2008. Manajemen Redaksi Pada Radio Berita Newsroom Studi di Radio Citra FM 87.9 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMM.
Published
2023-12-30
Section
Articles