STUDI TENTANG KELOMPOK BELAJAR USAHA AMPLANG PADA RUMAH PRODUKSI USAHA ANDA JAYA SAMARINDA

  • Apriani Octavia
Keywords: Kelompok Belajar Usaha Amplang, Pelatihan, Pendidikan Nonformal, Amplang

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan proses produksi amplang dari bahan mentah menjadi produk siap konsumsi pada rumah produksi Usaha Anda Jaya Samarinda, untuk mengetahui cara pemilik usaha mengajarkan proses pengelolaan usaha amplang pada warga belajar di rumah produksi Usaha Anda Jaya, dan untuk mengetahui strategi penjualan dan hasil penjualan amplang pada rumah produksi Usaha Anda Jaya Samarinda. Jenis penelitian adalah deskriptif  kualitatif. Sumber data yaitu pemilik rumah usaha dan warga belajar dua orang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi: reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil  penelitian diperoleh yaitu proses produksi amplang dari bahan mentah menjadi produk siap konsumsi pada Usaha Anda Jaya Samarinda yaitu harus mempersiapkan peralatan dan bahan baku seperti peralatan memasak, pengelolaan persediaan bahan produksi seperti ikan Pipih, tepung dan bumbu penyedap, pembuatan amplang sesuai dengan langkah-langkah dalam memproduksi amplang, dan pengemasan hasil produksi amplang dengan alat pres plastik. Cara mengajarkan proses pengelolaan usaha amplang pada warga belajar di rumah produksi Usaha Anda Jaya Samarinda yaitu mengajarkan persiapan modal dan penggunaan modal, mengajarkan rekrut karyawan sesuai dengan kebutuhan produksi, mengajarkan pengelolaan persediaan bahan produksi berupa ikan Pipih, dan mengajarkan proses pembuatan amplang. Strategi penjualan dan hasil penjualan amplang pada rumah produksi Usaha Anda Jaya Samarinda yaitu: a) strategi penjualan dijual di toko milik Usaha Amplang Anda Jaya dan penjualan secara borongan. b) Hasil penjualan amplang cukup menghasilkan dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan memberikan upah kapada warga belajar. Dengan adanya Usaha Anda Jaya Samarinda warga belajar sangat terbantu dan mampu membiayai kebutuhan rumahtangga dan pendidikan anak-anak mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dikmas. 2005. Petunjuk teknis program kesetraan dan kejar usaha. Cetekan ke-2. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat.
Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.
Kamil, M. 2009. Pendidikan Non Formal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Indonesia (sebuah pembelajaran dari komunikan jepang). Bandung: Alfabeta.
Moleong, L, J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirno, S. 2007.Makroekonomi Modern. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Published
2020-07-29
Section
Articles