MEMBACA TEKS BERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan membaca teks berita untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas VIII di SMP Tamansiswa Nanggulan yang dilakukan oleh Mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 4. Penelitian kualitatif dengan metode studi kasus ini memiliki subjek penelitian 13 siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Nanggulan. Kegiatan dilakukan pada bulan Oktober-November 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kegiatan ini siswa diminta untuk memilih teks berita sendiri, membacakan teks berita di depan kelas dan memahami komponen what, when, where, who dan how (5W 1H) pada teks berita. Pada akhir kegiatan ini diketahui semakin banyak siswa yang mampu memahami teks, dan membacakannya, sehingga membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan literasinya.
Downloads
References
Atri W., Nana M, P., Indra, dkk. (2022). Peran kampus mengajar dalam meningkatkan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi peserta didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. Journal of Civic Education. 5 (3). 284-292
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60.
Fauzia, S. & Afnita. (2020). Pengaruh media teks berjalan terhadap keterampilan membaca teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 8(1). 101-110.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Haryanti, A. & Fitriyah, M, Z. A. (2021). Keterampilan Mmembaca teks Berita dengan metode bermain Peran pada Siswa SMP N 87 Jakarta. Prosisiding Samasta: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. 74-83.
Ika. F. R. S. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89–100.
Livia Mutiara, S. 2022. Kegiatan kampus mengajar dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Basicedu. 6 (1). 917-924.
Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Qualitative Data Analysis: A Sources of New Method -Analisi Data Kualitatif : Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru (T. R. Rohidi, Ed.). UI Press.
Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2018). Literasi di Sekolah dari Teori ke Praktik. Bandung: Nilacakra Publishing House
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.
Qasim, K., & Awaluddin. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Negeri Di Kabupaten Buton Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 84–85.
Rahman, T. (2018). Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang : Pilar Nusantara
Said, A. & Budimanjaya, A. (2015). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences: Mengajar Sesuai kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta : Kencana.
Suryaman, Qomaria, I. N. & Sari, T. P. (2022). Pemberdayaan Rumah Baca “Pelangi” Sebagai Sarana Meningkatkan Literasi membaca Anak di Desa Palaan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3 (3). 305-311. DOI: 10.31949/jb.v3i3.2646
Yopi Novanda. 2022. Pelaksanaan gerakan literasi sekolah di Indonesia.
Yin R. K..(2009). Studi Kasus,Desain,dan Metode. Jakarta: PT Grafindo Persada
Copyright (c) 2022 Primanisa Inayati Azizah, Happri Novriza Setya Dhewantoro, Asyhar Basyari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.