Integrasi Kearifan Lokal Pada Pembelajaran IPS SMP di Indonesia

  • Primanisa Inayati Azizah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Happri Novriza Setya Dhewantoro Universitas Negeri Yogyakarta
  • Asyhar Basyari Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Kearifan Lokal, Pembelajaran IPS

Abstract

Kajian mengenai integrasi kearifan lokal pada pembelajaran IPS di Indonesia telah popular sejak tahun 2013, dimana diberlakukan Kurikulum 2013. Namun begitu kajian sistematis yang membahas bagaimana pengintegrasian kearifan lokal pada pembelajaran IPS di SMP dilakukan dan apakah hasil yang didapatkan dari pengintegrasian tersebt belum banyak dibahas. Penelitian ini berusaha menyampaikan Sistematic Literature Review dari 22 artikel mengenai implementasi integrasi kearifan lokal pada pembelajaran IPS SMP di Indonesia. Hasil analisis menunjukkan penelitian tentang integrasi kearifan lokal pada pembelajaran IPS di SMP mayoritas dilaksanakan di Propinsi  Jawa Barat dan Bali. Materi pembelajaran pada tingkat SMP fleksibel diintegrasikan dengan nilai kearifan lokal setempat, dan bentuk integrasi dengan pembelajaran IPS SMP mayoritas dilakukan pada materi pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, 1. (2013). Pappaseng: kearifan lokal manusia bugis yang terlupakan. Sosiohumaniora. 15 (3). 272-284.
Alfiyanti, N. & Lestari, P. (2021). Analisis nilai-nilai kearifan lokal masyarakat kandri kecamatan gunungpati sebagai alternatif sumber belajar ips di smp negeri 22 semarang. Sociolum. 4 (1). 15-20.
Artayana, M.S., Tegeh, I.M., & Bayu, G. W. (2022). Learning Videos Based on Tri Hita Karana Local Wisdom for Social Sciences Theme 7 Sub-Theme 2. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(3), 351–359.
Darmawan, A. A. G. A., Wesnawa, I. G. A., & Astawa, I. B. M. (2022). Pengintegrasian Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kaja-Kelod ke dalam Pembelajaran IPS sebagai Upaya Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP Negeri 1 Gianyar. Media Komunikasi FPIPS. 21 (2). 191-202.
Efendi, A. (2014). Implementasi kearifan budaya lokal pada masyarakat adat Kampung Kuta sebagai sumber pembelajaran IPS. Sosio Didaktika Social Science Education Journal. 1 (2). 211-218.
Hadi, e. S. (2020). Penerapan nilai-nilai kearifan lokal dalam budaya masyarakat desa Pakisrejo Tanggunggunung sebagai sumber pembelajaran IPS. Insoirasi jurnal ilmu-ilmu sosial. 17 (1). 254-260.
Hasni & Said, M. (2020). Implementasi model pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal di SMP Nusantara Makassar. Supremasi jurnal pemikiran penelitian ilmu-ilmu sosial hukum dan pengajarannya. 15 (1). 82-86 .
Hasudungan, A., & Sartika, L. (2020). Model Pendidikan Perdamaian Berbasis Kearifan Lokal Pela Gandong Pada Pembelajaran IPS Pasca Rekonsiliasi Konflik Ambon. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 2(1), 20-32.
Heri, Y., Sriarta, I.P. & Suastika, I.N. (2021). Pengembangan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Sasak Sebagai Suplemen Materi Ajar Pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 4 Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Media Komunikasi FPIPS. 20 (2). 118-129 .
Hetarion, B. D., Hetarion, Y., & Makaruku, V. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Cuci Negeri dalam Pembelajaran IPS. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 1-12.
Holilah, M. (2015). Kearifan Ekologis Budaya Lokal Masyarakat Adat Cigugur Sebagai Sumber Belajar Ips. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 163-178.
Jumriani, et al. (2021). The urgency of local wisdom content in social studies learning: literature review. The innovation of social studies. 2 (2). 103-109.
Karim. A. (2022). Praksis penanaman nilai local wisdom masyarakat desa Jrahi sebagai learning resources IPS. Quality. 10 (2). 201-228.
Kurniawan, B., Sariyatun, S., & Joebagjo, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPS Berbasis Nilai Simbolisme Kain Songket untuk Meningkatkan Solidaritas Sosial Siswa SMP Negeri 6 Kayuagung. Historika. 20 (1). 1-12 .
Mantaka, I. N., Sendratari, L. P. & Margi, K. (2017). Pengintegrasian kearifan lokal subak abian catu desa sambirenteng Buleleng Balu sebagai sumber belajar IPS di SMP. PIPS. 1 (2). 85-96.
Maryani, E. & Yani, A. (2014). Kearifan lokal masyarakat sunda dalam memitigasi bencana dan aplikasinya pada pembelajaran IPS berbasis nilai. Jurnal Penelitian pendidikan. 14 (2). 114-125 . doi: https://doi.org/10.17509/jpp.v14i2.3111
Pornpimon, C., Arirrata, W. & Chuson, P. (2014). Strategy challenges the local wisdom applications sustainability in school. Procedia Social and Behavioral Sciences. 112 (2014). 626-634. doi: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1210
Purnani, S. N. & Mulianingsih, F. (2020). Implementasi pembelajaaran ips berbasis kearifan lokal di SMP Negeri 2 Jatinom Kabupaten Klaten. Sosiolium. 2 (1). 35-39.
Qodaiah, L., & Arimyati, L. (2013), Nilai-nilai Kearifan lokal masyarakat adat kampung naga sebagai alternatif sumber belajar. Socia. 10 (1). 10-20. doi: http://dx.doi.org/10.21831/socia.v10i1.5338
Ramastuti, N. W., Atmaja, N. B. & Lasmana, I. W. (2018). Pengembangan bahan ajar IPS berbentuk handout bermuatan kearifan lokal bali untuk meningkatkan nilai peduli sosial dan etika lingkungan. PIPS. 2 (1). doi: https://doi.org/10.23887/pips.v2i1.2858
Sriyanti, N. N. M., & Sriarta, I. P. (2019). Pengembangan sumber belajar IPS berbasis kearifan lokal sistem subak dalam membangun karakter siswa. PIPS. 3 (2). 111-117. doi: https://doi.org/10.23887/pips.v3i2.3334
Supardan, Dadang. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Perspektif. Filosofi dan Kurikulum. Bumi Aksara
Taksu, I. K. & Wesnawa, I. G. A. (2019). Pengembangan nilai-nilai kearifan lokal hutan mangrove sebagai sumber belajar IPS. PIPS. 3 (2). 96-102. https://doi.org/10.23887/pips.v3i2.3332
Widyanti, T. (2015). Penerapan nilai-nilai kearifan lokal dalam budaya masyarakat kampung adat cireundeu sebagai sumber pembelajaran ips. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 24(2), 157-162. doi:https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1452
Wu J. & Chen V.D.-T., A systematic review of educational digital storytelling, Computers & Education (2020), doi: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103786
Wulandari, S., Suwondo, & Haryanto, R. (2019). Implementation of Environmental Education Based Local Potential to Increase Environmental Knowledge Student. Journal of Physics: Conference Series, 1351, 012054. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1351/1/012054
Published
2023-06-11
How to Cite
Azizah, P. I., Dhewantoro, H. N. S., & Basyari, A. (2023). Integrasi Kearifan Lokal Pada Pembelajaran IPS SMP di Indonesia. Langgong: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 37-48. https://doi.org/10.30872/langgong.v2i1.2264
Section
Articles