Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 003 Samarinda Utara Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Diferensiasi

Authors

  • Yemima Mawar Naftali Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jirpg.v2i1.5039

Keywords:

Gaya belajar, Motivasi belajar, Pendekatan diferensiasi, Asesmen diagnostik

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor esensial dalam menentukan keberhasilan siswa dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar siswa kelas 5B SDN 003 Samarinda Utara serta pengaruhnya terhadap motivasi belajar melalui penerapan pendekatan diferensiasi. Gaya belajar yang meliputi visual, auditori, dan kinestetik memengaruhi cara siswa menerima dan memahami informasi. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan studi kasus, penelitian ini mengungkap bahwa asesmen diagnostik non-kognitif berperan penting dalam mengidentifikasi preferensi gaya belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan kenyamanan dalam mengikuti kegiatan belajar. Guru yang menerapkan pendekatan diferensiasi secara efektif dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan individu siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliani, M., Putri, S. A., & Unzzila, U. (2024). Peningkatan Partisipasi Aktif Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Kolaboratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.493

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth Edit). SAGE Publications, Inc.

Humendru, E., & Harefa, A. O. (2023). Analisis Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Gido. Jurnal Suluh Pendidikan, 11(2), 180–189. https://doi.org/10.36655/jsp.v11i2.1240

Hussen, T. N., Yantoro, Y., Misnawati, M., & Basyir, B. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Konten dan Produk untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9448–9454. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5318

Johri, Padlurrahman, & Maritasari, D. B. (2025). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. 10(1), 508-512. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.2774

Lismayani, A. (2023). A Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Minat Belajar Anak Di Kelompok B1 TK Nusa Kota Makassar. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 10(2), 42–48. https://doi.org/10.32534/jjb.v10i2.3823

Magdalena, I., & Nur, A. (2020). Identifikasi Gaya Belajar Siswa (Visual, Auditorial, Kinestetik). PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1–8. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Puadah, U. S. (2024). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Gaya Belajar sebagai Pendorong Motivasi Belajar Peserta Didik. 10(2), 160–166.

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). In M. F. Mariati Purba, A.M. Yusri Saad (Ed.), Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia Jalan.

Silitonga, E. A., & Magdalena, I. (2020). Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Cikokol 2 Tangerang. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 17–22. https://doi.org/10.36088/pensa.v2i1.660

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian. CV Alfabeta.

Tomlinson, C. A., & Imbeau, M. B. (2023). Leading and Managing a Differentiated Classroom (Second edi). ASCD.

Wesli, M., Nugroho, B. A., & Wahyuni, N. (2024). J-04 Hubungan Gaya Belajar Siswa dan Motivasi Belajar Siswa Kelas 9 SMP. 51–55.

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Yohanda, R. (2020). Metode Studi Kasus : Upaya-Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 19(1), 113–130. https://doi.org/10.15408/kordinat.v19i1.17178

Zakaria, M. (2024). Analisis Gaya Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Negeri 008 Samarinda Ulu Pendahuluan Metode. 1, 66–70.

Zulvyanti, R., & Mas’ula, S. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Peserta Didik Kelas 3 SDN Sawojajar 5. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i10.2024.14

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Naftali, Y. M. (2025). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 003 Samarinda Utara Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Diferensiasi. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 2(1), 29–34. https://doi.org/10.30872/jirpg.v2i1.5039

Issue

Section

Articles