Analisis Gaya Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Negeri 008 Samarinda Ulu
DOI:
https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i2.4554Keywords:
Gaya belajar, Motivasi Belajar, Metode Pengajaran, Siswa Sekolah DasarAbstract
Motivasi belajar adalah salah satu elemen krusial dalam proses pendidikan yang secara langsung mempengaruhi kesuksesan akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara gaya belajar yang dimiliki siswa kelas 6D Sekolah Dasar Negeri 008 Samarinda Ulu dan dampaknya terhadap motivasi belajar mereka. Gaya belajar, yang umumnya terbagi menjadi visual, auditorial, dan kinestetik, dianggap memiliki peran penting dalam menentukan bagaimana siswa menerima, mengolah, serta mengingat informasi yang diperoleh. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mendalami keterkaitan antara gaya belajar dan motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik memiliki kebutuhan motivasi yang berbeda. Guru yang mampu mengenali variasi gaya belajar ini dan menggabungkannya dalam metode pengajaran terbukti mampu meningkatkan motivasi serta partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Adi, W. P. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45-54.
Alvin, M. (2023). Hubungan antara gaya belajar dengan motivasi Belajar siswa di SMA Negeri 1 Demak. [Skripsi, Universitas Semarang].
Andini, R. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(3), 150-162.
Astuti, N. P. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Meningkatkan Hasil Belajar di SD Negeri 01 Kota Semarang. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(2), 200-213.
Dewi, M. A. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Gaya Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 123-135.
Fauzan, R. (2021). Hubungan Gaya Belajar Visual dan Auditorial dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edukasi Sekolah Dasar, 6(1), 78-88.
Hidayati, A. (2022). Implementasi Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik pada Pembelajaran di Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 11(1), 94-108.
Huda, A. (2020). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Negeri Bantul. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, 8(2), 55-65.
Lestari, N. W. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Sesuai Gaya Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 5. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 67-79.
Marzuki, S. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(3), 44-56.
Naibaho, F. R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar PAK (study kasus pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tarutung Tahun Ajaran 2019/2020). Jurnal Christian Humaniora, 5(1), 107-115. https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.368
Pratama, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Pembelajaran Multisensori. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 9(2), 212-223.
Rahman, N. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Matematika dan Sains Sekolah Dasar, 10(1), 125-137.
Rahayu, S. (2022). Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Gaya Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(2), 87-99.
Rahmawati, E., Farika, N., Nurroniah, Z., Nuraini, L., & Supriadi, B. (2021). Identifikasi Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 15(2), 116-129.
Ramadhani, D. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(3), 110-120.
Rohmah, A., & Zulfitria, Z. (2024). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Aktivitas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. Journal of Instructional and Development Researches, 4(4), 214-222. https://doi.org/10.53621/jider.v4i4.330
Suryani, T. (2019). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 34-45.
Suwidagdho, D., Hananto, I., & Syahroni, M. (2024). Strategi cerdas: pelatihan pemetaan gaya belajar untuk pembelajaran berdiferensiasi di era merdeka belajar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2231-2238. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25102
Wibowo, S. (2021). Penerapan Gaya Belajar dalam Meningkatkan Keterlibatan dan Motivasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(4), 144-157.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Admin JIRPG; Muhammad Zakaria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






