PENGEMBANGAN MATERI AJAR EKONOMI KELAS X DI MAN 1 SAMARINDA
Keywords:
Pengembangan,, Materi Ajar,, Rasionalitas Ekonomi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar ekonomi kelas X berbasis
rasionalitas ekonomi, dan mengetahui tanggapan siswa kelas X A MAN 1 Samarinda
terhadap materi ajar ekonomi berbasis rasionalitas ekonomi. Jenis penelitian yang
digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X A MAN 1 Samarinda yang berjumlah 36 siswa. . Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tingkat kelayakan materi ajar berdasarkan penilaian ahli materi dengan
rata-rata 4,0 berada pada kategori valid. Hasil tanggapan siswa menunjukkan hampir
seluruh siswa memberikan tanggapan positif terhadap materi ajar ekonomi berbasis
rasionalitas ekonomi dan hasil penilaian respon siswa dengan rata-rata 3,7 berada pada
kategori setuju.berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa materi ajar
ekonomi berbasis rasionalitas ekonomi layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran
ekonomi.
Downloads
References
Remaja Rosdakarya Offset.
Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Banjarmasin: Diva
Press.
Fadhilah, Rizki Juni. (2022). Kelayakan Materi Ajar Ekonomi Kelas x Berbasis
Moralitas Ekonomi di SMA NEGERI 4 Samarinda. Universitas Mulawarman.
Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:
Kencana Prenanda Media Group.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi,
R&D dan Pneleitian Tindakan). ALFABETA. Bandung.
Sumantri, Syarif Muhammad. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di
Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarata: PT Raja Grafindo Persada.